Translate

Mau main game seru ? Klik disini

Perang Terhebat Sepanjang Masa

Perang adalah perkelahian antara 2 bangsa atau negara yang menyebabkan kerugian berupa nyawa, harta, dan rohani. Perang terbukti menyebabkan dunia menjadi kacau balau dan menyebabkan banyak nyawa harus melayang di medan pertempuran. CLUSM akan merangkum perang terhebat sepanjang masa dari zaman dahulu sampai zama sekarang.

Pertempuran Thermopylae

Inilah pertempuran terhebat di zaman purbakala ( sebelum masehi ) dimana King Leonidas of Sparta menahan pasukan Persia yang saat itu dipimpin Xerxes I hanya dengan 300 pasukan. Pertempuran tak berimbang ini membuat cerita ini menjadi legenda. Pertempuran ini mengakibatkan Pasukan Persia menderita kerugian yang besar dan pasukan Sparta harus kehilangan semua pasukannya.



Perang Salib

Inilah perang terhebat di abad pertengahan dimana perang ini memakan waktu 200 tahun meski ada beberapa kali gencatan senjata. Perang Salib Pertama dilancarkan pada 1095 oleh Paus Urban II untuk merebut serta membebaskan tanah kota suci Yerusalem yang juga merupakan tanah suci bagi umat Kristen dari umat Muslim yang pada saat itu terdapat perkembangan dan banyak kunjungan yang dilakukan oleh terutama para pedagang Muslim kaum seljuk Turki. Perang Salib pertama adalah tidak lebih dari suara-suara yang dilebih-lebihkan dari para ulama Kristen yang diakibatkan oleh gangguan yang dilakukan oleh segelintir pedagang kaum seljuk Turki juga bukan mengatasnamakan agama yang dilakukan pada jalur perdagangan kaum Kristiani. Keberangkatan atau migrasi dari pasukan salib pertama ini berubah dari misi atau tugas yang diberikan yaitu untuk melindungi dan merekonsiliasi antara tiga umat beragama disana menjadi sebuah usaha penaklukan,pembantaian terhadap umat non-Kristen dan Yahudi serta penguasaan keseluruhan wilayah Yerusalem. Pada terakhirnya, pasukan Muslim yang mendapat kemenangan karena pasukan Eropa kebanyakan terdiri atas tentara bayaran yang hanya mengejar keuntungan di Perang Salib sehingga membuat pihak Muslim bisa melakukan serangan balik. Raja terkenal dari perang ini ialah Richard the Lion Heart dan Saladin.

Perang 100 Tahun

Dimulai saat Inggris melakukan penjajahan ke Prancis. King Henry tidak ingin Inggris menguasai negerinya maka terjadilah perang antara Inggris dengan Prancis yang berlangsung 100 tahun. Salah satu kejadian terkenal dari perang ini adalah Joan of Arc. Joan of Arc adalah seorang perempuan muda yang memimpin Prancis dengan gagah berani. Dia berhasil merebut kemenangan dari Inggris dalam beberapa pertempuran tetapi sayang, ia akhirnya ditangkap oleh Inggris dan dihukum mati dengan cara dibakar.


Ekspansi Mongol

Saat dibawah pimpinan Genghis Khan, Mongolia bangkit menjadi negara yang haus akan kekuasaan sehingga Genghis Khan memimpin ekspansi ke Cina, Timur Tengah, dan negara lainnya. Itu membuat wilayah Mongolia sangat besar membentang dari Rusia sampai Timu Tengah. Setelah Genghis Khan mangkat, cucu dan anaknya menjadi penerus selanjutnya. Pada abad ke 13, Kubilai Khan menguasai Korea, menyerang Jepang, dan menyerang kerajaan Singasari. Pada abad ke 15, kekuasaan Mongol mulai hilang dan banyak negara yang kembali bangkit.

  
Pertempuran Nagashino

Pertempuran ini merupakan pertempuran pertama yang memakai senjata api di Asia. Saat klan Takeda menyerang kedudukan Oda di Nagashino, pasukan gabungan Oda yang dipimpin Oda Nobunaga dan Tokugawa yang dipimpin oleh Tokugawa Ieyasu menerapkan siasat memakai senjata api. Kavaleri Takeda yang terkenal sangat kuat pun harus jatuh oleh senjata api milik Oda-Tokugawa. Pertempuran ini memakan korban sebanyak 10.000 jiwa di pihak klan Takeda. Beberapa jenderal terkenal Takeda harus ikut gugur di pertempuran ini. Pertempuran ini menjadi awal pemakaia senjata api di Jepang maupun Cina.

Invasi Jepang ke Korea ( 1592 - 1598 )

Saat Toyotomi Hideyoshi selesai menyatukan Jepang, dia melaksanakan invasi ke korea dengan pasukan yang besar. Perang ini berlangsung selama 6 tahun dan Jepang berhasil menghancurkan istana di Korea. Akan tetapi, Jepang mulai mengalami kekalahan saat Dinasti Choson ( Joseon ) beraliansi dengan Dinasti Ming di Cina. Jepang mundur saat Toyotomi Hideyoshi mangkat pada 1598. Meski Korea - Cina mengalami kerugian yang cukup besar, Jepang harus mengalami kerugian yang lebih besar. Yang paling berperan dalam perang ini ialah Admiral Yi Sun Sin.


Perang Koalisi ( Perang Napoleon )

Prancis mencapai masa kejayaannya saat dipimpin Napoleon Bonaparte. Napoleon memiliki ambisi untuk menjadi kaisar seluruh Eropa membuat ia harus berperang dengan koalisi Inggris, Prusia, Belanda, Austria, dan lain-lain. Pada perang koalisi pertama, Prancis meraih kemenangan besar mengharuskan Belanda harus tunduk kepada Prancis. Tetapi Napoleon mulai mengalami kekalahan pada Perang Koalisi kedua membuat ia harus dibuang ke pulau terpencil.

Perang Opium

Untuk mengimbangi ekspor teh ke Inggris, Inggris harus mengekspor opium. Awalnya opium hanyalah bahan untuk obat-obatan di Cina tetapi lama kelamaan, orang menggunakannya untuk mabuk-mabukkan membuat kaisar marah karena kurangnya laki-laki yang bisa direkrut untuk pergi berperang sehingga kaisar secara tegas menerapkan peraturan agar menutup jalur perdagangan bagi Inggris. Inggris pun mengirimkan pasukannya ke Cina untuk berperang dan karena Inggris lebih kuat di persenjataan, Inggris pun menang sehingga mengharuskan Cina menandatangani Traktat Nanjing dan menyerahkan Hong Kong ke Inggris. Selang beberapa tahun kemudian, terjadilah Perang Opium kedua tetapi kali ini, Inggris berkoalisi dengan Prancis untuk menyerang Cina. Inggris-Prancis menang dan Cina harus menandatangani Traktat Nanjing kembali. Setelah perang, Rusia dan Amerika Serikat ikut menginvestasikan di Cina membuat Cina ( Dinasti Qing ) semakin jatuh.


Perang Dunia I


Setelah Pangeran Austria terbunuh oleh teroris, timbullah perang yang melibatkan hampir semua negara didunia. Perang ini adalah perang pertama yang memakai senjata-senjata modern dan canggih. Saat perang ini berakhir, seluruh kekuatan monarki absolut didunia runtuh dan mengakibatkan Krisis Malaise ( Depresi Dunia 1929 ) yang juga membuat banyak buruh tidak mendapat pekerjaan.


Perang Dunia II

Saat Jerman dipimpin Adolf Hitler, secara tiba-tiba Jerman menyerang Austria membuat Perang Dunia kembali dimulai. Perang Dunia kali ini lebih melibatkan banyak negara dan memakan korban yang sangat besar jumlahnya. Saat Sekutu melawan Jerman, Jepang menyerang pangkalan militer Amerika Serikat di Pearl Harbor, Hawaii. Jepang pun menguasai Asia Pasifik, Perang Dunia berakhir dengan kekalahan Jerman dan bom atom ke 2 kota industri Jepang yaitu Hiroshima dan Nagasaki. Akibat yang ditimbulkan yaitu Jerman terbelah menjadi 2, timbulnya 2 negara adidaya yaitu Uni Soviet dan Amerika Serikat, banyak negara yang merdeka, dan Perang Dingin mulai timbul.

Diatas merupakan perang terhebat sepanjang masa dan kita semua berharap supaya perang diatas tidak terjadi lagi dan perang tidak kan pernah terjadi lagi.

Ditulis Oleh : Daniel Lim

Terimakasih atas kunjungan Anda karena telah membaca artikel Perang Terhebat Sepanjang Masa. Silahkan berikan komentar anda agar blog ini tetap berkembang. Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel Perang Terhebat Sepanjang Masa ini jika memang bermanfaat bagi anda, namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya. Terima Kasih, Stay Update with CLUSM :D
Comments
3 Comments

3 comments:

  1. pertempuran yang pertama itu gx se epic itu sebenarnya. 300 sparta itu bukan jumlah pasukannya.. itu yang tersisa. Pasuka yunani sebanyak 7000 orang sedangkan pasukan persia antara 100000-150000. Dan peperangannya ditempatkan di jalan yang kecil sehingga persia gx bsa mengeluarkan semua pasukannya.

    ReplyDelete
  2. @Gery-98 Thanks atas infonya. Tapi saya mengambil referensinya dari legenda bukan yang sejarah punya.

    ReplyDelete
  3. Perang jawa jawa dan jawa dengan tokoh bohongan yang kbanyakan fiktif hasil manipulasi sejarah kok gk ada?

    ReplyDelete

Thanks komentarnya
Jangan ngespam ya

Popular Posts