Selasa, 03 Februari 2015

5 Pertanyaan Pemicu Kreativitas

Kreatif adalah salah satu kriteria yang sangat penting di masa modern ini. Bagaimana tidak? Manusia di Bumi saja sudah menyentuh angka 7 milyar, tentu kreativitas adalah hal penting yang harus dimiliki oleh setiap pribadi yang ingin sukses. Kreativitas juga adalah salah satu sifat alami manusia, semua manusia itu kreatif tetapi dibutuhkan kekuatan untuk mengeluarkannya. Kekuatan apakah itu? Semangat, imajinasi, dan pertanyaan!

Kenapa pertanyaan? Manusia adalah makhluk yang selalu ingin mencoba sesuatu dan selalu penasaran, tidak akan puas sebelum mengetahui apa yang ada di depan matanya. Pertanyaan menjadi kunci untuk memunculkan jawaban-jawaban yang nantinya akan mengubah dunia. Sudah banyak buktinya, bukan?

Nah, apa saja pertanyaan yang bisa memicu kreativitas? Berikut 5 Pertanyaan Pemicu Kreativitas!


  1. Bagaimana Cara Melakukan Hal Tersebut?

    Anda pernah memperhatikan seseorang di televisi? Entah itu artis atau seseorang yang baru memunculkan sebuah inovasi? Pasti ada suatu pertanyaan yang timbul di benak anda. "Bagaimana Cara Melakukan Hal Tersebut" adalah pertanyaan yang mungkin pertama kali muncul. Tetapi ingat, jangan pernah menanyakan "Apakah Aku Bisa" karena hal itu hanya akan memicu amygdala (bagian dari otak yang membuat respon dari rasa takut, marah, dan nilai negatif lainnya, orang Indonesia kebanyakan bilang ini otak kadal) mencegah anda untuk berpikir kreatif.

    Pertanyaan ini membuat anda seolah tertantang untuk melakukan sesuatu. Hasilnya, otak akan merespon sehingga nantinya akan memunculkan ide-ide kreatif yang tidak terbayang sebelumnya.
  2. Apakah Itu?

    Ketika kecil, mungkin anda akan selalu bertanya kepada orang tua ketika anda melihat sesuatu. Entah itu pesawat, semut, burung, dan lain sebagainya yang bisa membuat anda penasaran. Pengalaman masa kecil tersebut juga bisa anda terapkan di masa kini. Ketika anda menanyakan "Apakah Itu" maka otak akan memicu anda untuk mencari tahu. Ketika anda sedang mencari tahu informasi apakah yang baru anda terima, maka pasti ada ide kreatif yang tiba-tiba muncul.
  3. Siapa yang Membuat Itu?

    Mungkin saja anda mengenal tokoh-tokoh seperti Nikola Tesla, Thomas Alfa Edison, Alexander Volta, Steve Jobs, Bill Gates, dan lain sebagainya. Mereka adalah pionir dalam teknologi yang terkemuka. Selain mereka, masih ada banyak nama-nama yang menemukan teknologi yang masih kita pakai selama ini. Misalnya saja Douglas Engelbart. Anda mungkin tidak terlalu mengetahui bahwa beliau ini adalah penemu mouse komputer yang bahkan sedang anda pakai sekarang. Sosok yang meninggal dunia 2013 silam ini juga adalah salah pionir internet. Selain beliau, masih banyak nama yang mungkin belum anda ketahui. Siapakah mereka yang telah menemukan dan membuat banyak benda ajaib yang mengubah dunia?

    Ketika anda mencari tahu informasi ini dan menanyakan "Siapa yang Membuat Itu" maka anda juga akan termotivasi untuk mencari tahu dan kemudian ide baru akan muncul di benak anda. Percayalah.
  4. Kenapa Dia Melakukan Itu?

    Nah, ini bisa dikatakan sebagai lanjutan dari poin nomor 3 di atas. Setelah anda menemukan informasi tentang sesuatu yang ditemukan dan oleh siapa, maka tanyakanlah "Kenapa Dia Melakukan Itu?". Tidak semua penemu memiliki alasan yang lazim untuk diterima akal. Contohnya saja, Mike Marcum yang berusaha menemukan mesin waktu hanya untuk mengetahui nomor lotere dengan cara kembali ke masa lalu. Namun kini keberadaan tidak diketahui, nasib mesin waktu yang ia temukan juga tidak jelas.

    Pertanyaan ini selain menambah wawasan anda, juga dapat menghasilkan ide-ide baru yang kreatif dan mungkin saja merangsang anda untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat.
  5. Apa yang Harus Kulakukan Agar Bisa?

    Pada dasarnya, manusia bisa melakukan apapun. Tetapi karena keterbatasan fisik dan waktu manusia maka ada persepsi bahwa manusia itu hanya bisa melakukan hal tertentu. Tapi apakah yang terjadi? Dahulu kala, manusia selalu berpikir mereka tidak akan pernah bisa terbang tetapi kini apa yang terjadi? Pesawat terbang bisa membawa anda berkeliling dunia dengan terbang di ketinggian yang tidak diduga pada jaman pra-modern. Sang penemu pesawat terbang, Orville Wright dan Wilbur Wright memiliki suatu pertanyaan "Apa yang Harus Dilakukan Mereka Agar Bisa Membuat Manusia Terbang" yang akhirnya membuahkan hasil yang kini dinikmati oleh kita semua.

    Anda ingin ide kreatif yang bisa membawa perubahan? Kenapa tidak menanyakan pertanyaan ini? Anda mungkin saja bisa menghasilkan ide yang tak terbayang sebelumnya.
Nah, kreatifitas tak harus datang sendiri karena kreatif itu bisa dihasilkan kapan saja dan dimana saja, termasuk hanya dengan menanyakan pertanyaan yang cenderung sederhana namun krusial. Ide kreatif adalah suatu hal yang tak harus ditunggu saja, anda bisa berusaha menghasilkan hal tersebut. Anda punya ide kreatif? Kenapa tidak menuliskannya di komentar? Kita bisa membahasnya bersama-sama.

Tidak ada komentar:

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Jangan Lupa Kalo Memang Suka Like Aja !!!

×

Powered By CLUSM and Skyzone GC

Tentang CLUSM

Blog CLUSM menyediakan informasi terbaik untuk Anda. Ingin lebih dekat dengan CLUSM? Silahkan kirimkan pesan Anda di Facebook CLUSM.
Designed By Blogger Templates