Kamis, 26 Februari 2015

10 Negara Paling Sepi di Dunia

negara paling sepi di dunia, negara sepi, negara dengan penduduk sedikit
Gambar yang saya sediakan di atas adalah lambang negara dari Pitcairn Islands, negara dengan penduduk yang berjumlah hanya 56 jiwa (bila Anda ingin tahu).

Kita tentu tahu bahwa negara umumnya identik dengan sebuah tata pemerintahan yang mempunyai penduduk yang ramai. Tetapi bagaimana jika terdapat pula negara-negara yang memiliki jumlah penduduk yang sedikit alias sepi? Bahkan ada yang berjumlah hanya 56 jiwa saja (padahal lambang negara yang digunakan cukup bagus).

Dari kurang lebih 7 milyar di dunia, negara-negara ini hanya menyumbang sedikit manusia untuk Bumi. Anda penasaran? Berikut 10 Negara Paling Sepi di Dunia.

Saint Helena, Ascension and Tristan da Cunha

Negara ini terletak di selatan Samudra Atlantik dan merupakan jajahan atau (lebih halus) protektorat dari Britania Raya. Meskipun memiliki nama yang panjang, Saint Helena (Ascension and Tristan da Cunha) hanya memiliki 4000 penduduk saja membuat negara ini berkontribusi 0,000055% dalam populasi dunia. Meskipun begitu, sepi bukan berarti tidak indah. Kepulauan ini begitu indah dengan gunung-gunung dan pulau yang mempesona dan juga banyak turis yang berdatangan sehingga mereka tidak akan sepi lagi.

Falkland Islands

Negara ini terletak di bagian selatan Samudra Atlantik dan Amerika Selatan dan (masih) merupakan protektorat Britania Raya. Falkland Islands hanya memiliki 3000 penduduk dan berkontribusi 0,000042% dalam jumlah populasi dunia. Meskipun terletak jauh dari daratan Britania, Falkland Islands memiliki keturunan Wales dan Skotlandia yang banyak disana dan menjadikan mereka menjadi dominan penduduk di Falkland Islands.

Svalbard og Jan Mayen

Negara ini lebih cocok dikatakan sebagai negara yang memiliki otonomi khusus yang diberikan oleh pemerintah Norwegia seperti halnya Hong Kong di Tiongkok, Macau, dan lain sebagainya. Svalbard og Jan Mayen hanya mempunyai 2562 jiwa saja dengan daratan tundra yang begitu luas. Kontribusi populasi negara ini terhadap dunia adalah 0,000037% dari populasi dunia.

Norfolk Island

Ketahuilah, meskipun bendera negara ini mirip dengan Nigeria, negara ini tidak berada di dekat Nigeria dan tidak mempunyai hubungan langsung sama sekali. Norfolk Island merupakan sebuah pulau di sebelah timur Australia. Negara ini merupakan bagian dari Persemakmuran Australia dan memiliki pemerintahan otonomi dari negeri kanguru. Negara ini mempunyai 2302 penduduk dan memberikan kontribusi 0,000032% kepada jumlah populasi dunia.

Christmas Island

Negara ini terletak di bagian selatan Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, merupakan negara dengan otonomi khusus oleh Australia. Christmas Island memiliki 2072 penduduk di pulaunya dan memberikan kontribusi 0,000029% untuk jumlah populasi dunia. Negara ini memiliki penduduk keturunan Tionghoa yang mendominasi pulau tersebut.

Niue

Niue merupakan negara pulau yang terletak 1500 mil dari Selandia Baru. Niue juga merupakan negara otonomi khusus dari Selandia Baru. Penduduk di negara ini hanya berjumlah 1613 jiwa, memberikan kontribusi 0,000022 terhadap jumlah populasi dunia. Kendati hanya memiliki sedikit penduduk dan sepi, Niue menjadi "Negara Wi-fi" pertama di dunia. Mengapa demikian? Jaringan Wi-fi tersebar di seluruh pulau dan dapat diakses secara cuma-cuma oleh penduduk di sana.

Tokelau

Tokelau merupakan negara yang terletak di Pasifik bagian selatan dan merupakan negara otonomi (protektorat) dari Selandia Baru. Secara etimologi, Tokelau berarti "Angin Utara" dalam bahasa Polinesia. Negara ini mempunyai 1411 penduduk yang memberikan kontribusi 0,000020% untuk jumlah populasi dunia. Anda sering bertemu dengan domain .tk? Bila iya maka nama domain tersebut berasal dari negara ini. Saya masih kurang paham mengapa domain nasional negara ini malah populer di negara kita, Indonesia.

Vatican City

Negara yang merupakan tempat tinggal pemimpin umat katolik seluruh dunia ini terletak di dalam kota Roma dan merupakan negara yang berdiri di dalam kota serta mempunyai luas 44 hektar. Pemimpin negara ini adalah Paus sendiri dan sekaligus menjadi negara tempat tinggal pemimpin umat katolik seluruh dunia tersebut. Vatican City mempunyai 839 penduduk di dalamnya dan memberikan kontribusi 0,000012% dalam jumlah populasi dunia.

Cocos (Keeling) Islands

Negara ini terletak di antara Australia dan Sri Lanka serta di selatan Pulau Sumatera, dekat dengan Christmas Island. Negara ini hanya memiliki 550 jiwa, memberikan kontribusi 0,0000076% untuk jumlah populasi dunia. Bantam merupakan desa terbesar di negara ini. Anda mengenal nama domain co.cc? Jika iya, maka domain tersebut juga berasal dari negara ini dan malah populer di negara Indonesia.

Pitcairn Islands

Negara ini adalah NEGARA PALING SEPI DI DUNIA! Pitcairn Islands merupakan negara kepulauan yang terletak di belahan selatan Samudra Pasifik. Mengapa negara ini disebut sebagai negara paling sepi di dunia? Negara yang masih merupakan teritori Britania Raya ini hanya memiliki penduduk berjumlah 56 jiwa dan hanya menyumbangkan 0.00000077% untuk jumlah populasi dunia! Anda bisa membayangkan bahwa Anda merupakan penduduk di pulau ini?

Daftar-daftar di atas merupakan 10 Negara Paling Sepi di Dunia. Semoga dengan artikel ini, wawasan Anda bertambah luas akan negara-negara yang unik dan eksotis. Jumlah penduduk di negara-negara tersebut merupakan data dari Wikipedia. Anda bisa mengunjungi linknya untuk tambahan informasi lebih lanjut. Bila Anda mempunyai tambahan informasi atau artikel ini telah usang dan ketinggalan waktu maka silahkan tambahkan di bagian komentar, terima kasih. Stay update!

9 komentar:

yuzril fauzi mengatakan...

waduh untuk saya tinggal di indonesia gan :D

Nice artikel deh

adib enha mengatakan...

wah lumayan mas, dapat nambah pengetahuan

Daniel Lim mengatakan...

Sipp makasih kunjungannya gan :D

Daniel Lim mengatakan...

Sipp gan
makasih kunjungannya :)

GregetArt mengatakan...

Pasti hidupnya tenang kalo tinggal di situ :v

Daniel Lim mengatakan...

Saking tenangnya, bsk dimakan ikan hiu hehehe

Rakesh Polingana mengatakan...

itu banyak banget ya bendera yang mirip kaya England :D

Daniel Lim mengatakan...

Soalnya kebanyakan masih jadi protektorat Britania Raya :D

Akbar Dawa mengatakan...

request dong gan 'negara paling miskin di dunia' :)

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Jangan Lupa Kalo Memang Suka Like Aja !!!

×

Powered By CLUSM and Skyzone GC

Tentang CLUSM

Blog CLUSM menyediakan informasi terbaik untuk Anda. Ingin lebih dekat dengan CLUSM? Silahkan kirimkan pesan Anda di Facebook CLUSM.
Designed By Blogger Templates