Jumat, 19 Juni 2015

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris, do you speak english, belajar bahasa inggris
Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Hal itu disebabkan karena Britania Raya yang memakai bahasa Inggris pernah menjajah dunia hingga sebanyak 1/3 wilayah dari Bumi.

Itulah sebabnya mengapa bahasa Inggris sangat diperlukan di jaman ini. Banyak perusahaan di dunia menetapkan syarat bagi calon karyawan untuk bisa berbicara atau setidaknya mengerti bahasa Inggris.

Di setiap sekolah di dunia, bahasa Inggris adalah pelajaran yang diutamakan. Namun sebenarnya hal itu tidak efektif untuk membuat siswa mengerti bahasa Inggris. Bahasa Inggris tak bisa dimengerti dengan mudah apabila siswa hanya diajarkan grammar terus menerus. Itu malah membuat otak siswa menjadi susah menerima bahasa Inggris sebagai bahasa kedua.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui cara mudah belajar bahasa Inggris, ketahuilah bahwa Anda boleh saja mahir berbicara bahasa Inggris namun tetap ingat bahasa ibu Anda, dalam hal ini bahasa Indonesia.

Saya akan memberikan beberapa cara mudah untuk belajar bahasa Inggris. Cara-cara yang saya berikan kali ini bersifat "bebas dimodifikasi", yang artinya cara-cara ini bisa Anda kembangkan lagi sesuai dengan minat dan hobi Anda. Berikut ini adalah Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris.
  1. Bermain Game

    Saya serius! Bermain game merupakan cara terbaik untuk bisa belajar bahasa Inggris dengan mudah, terutama bermain game yang bahasa utamanya adalah bahasa Inggris. Mengapa? Saat kita bermain game, otak kita terasa rileks dan dalam kondisi nyaman. Hal seperti itu menyebabkan otak kita mampu menerima informasi dengan cepat, termasuk saat kita membaca tulisan yang tertera di game.

    Berbeda dengan saat kita belajar bahasa Inggris di sekolah, saat itu otak Anda fokus pada satu hal yang diajarkan sehingga tidak efektif untuk menerima informasi yang diperlukan. Fakta! Rata-rata orang yang bermain game dengan bahasa Inggris sejak umur 5 tahun lebih pandai berbahasa Inggris saat memasuki umur pubertas (meskipun grammar agak hancur).
  2. Utamakan Pengertian Bukan Grammar

    Grammar dalam bahasa Inggris itu penting, namun pengertian akan bahasa Inggris lebih penting! Grammar adalah bagaimana Anda menyusun bahasa dengan benar, bukan media untuk Anda memahami pengertian akan suatu bahasa.

    Kita analogikan grammar dengan jalan raya dan pengertian dengan mobil. Jalan raya memang penting sebagai media agar mobil bisa melaju. Namun, kalau Anda tidak punya mobil, apa artinya jalan raya itu?

    Seperti Grammar dan Pengertian, Anda harus mengerti bahasa Inggris terlebih dahulu untuk bisa melaju di "jalan raya". Bagaimana caranya? Baca di poin berikutnya.
  3. Sering Membuka Kamus Bahasa Inggris - Bahasa Indonesia

    Saat Anda sedang dalam mode gak ada kerjaan, ada baiknya Anda membuka kamus Bahasa Inggris - Bahasa Indonesia. Ketahuilah bahwa kamus itu sangatlah tebal sehingga pengetahuan yang bisa Anda dapat juga banyak. Anda akan menemukan banyak kata yang baru dan belum Anda mengerti. Jujur, saya juga sering membuka kamus dan hasilnya saya kini bisa berbicara dengan orang asing tanpa ragu (orang asingnya itu orang Rusia pedalaman yang gak bisa bahasa Inggris, maaf, bercanda).

    Saat membuka kamus, usahakan otak Anda tetap rileks dan tidak stress. Kalau Anda dalam kondisi tertekan dan belum siap, maka jangan baca kamus dulu, itu hanya membuat otak Anda sulit menerima informasi. Sedangkan dalam kondisi rileks, Anda bisa membaca kamus dan percayalah, otak Anda siap menerima informasi terbaru.
  4. Sering Membuka Website Bahasa Inggris

    Seringlah membuka website bahasa Inggris, apalagi website yang berisi humor dan candaan. Contohnya, Anda bisa membuka 9GAG. Website 9GAG adalah website khusus humor yang tak terkalahkan. Dengan moto "Why So Serious", 9GAG siap memberikan Anda kesempatan untuk tertawa sambil belajar bahasa Inggris.

    Selain 9GAG, masih banyak website berbahasa Inggris yang bisa Anda kunjungi. Setelah Anda membuka website tersebut pastilah ada beberapa kata yang belum Anda pahami. Nah, segeralah membuka kamus dan pelajari kata-kata itu, jangan ditunda! Penundaan adalah dosa besar bagi mereka yang ingin belajar.
  5. Ubah Bahasa Handphone Anda

    Kalau Anda serius ingin bisa mengerti bahasa Inggris, ubah bahasa handphone Anda menjadi bahasa Inggris. Handphone adalah barang tak terpisahkan di jaman sekarang sehingga bila Anda mengubah bahasa dasar handphone Anda menjadi bahasa Inggris, Anda akan sering melihat bahasa Inggris. Hal itu membuat otak Anda menjadi terbiasa dengan bahasa Inggris sehingga lama kelamaan pasti Anda akan mengerti bahasa Inggris.
  6. Sering Mendengar Orang Berbicara Bahasa Inggris

    Tak perlu pergi ke Amerika Serikat atau Inggris untuk bisa mendengar orang berbicara bahasa Inggris. Anda bisa mendengar orang berbicara bahasa Inggris di rumah Anda. Caranya? Nonton film bahasa Inggris, membuka Ted.com, mendengar berita bahasa Inggris, dan lain sebagainya.

    Tapi yang saya sarankan ialah membuka Ted.com. Disana Anda akan menemukan inspirasi tiada batas dari orang-orang yang populer dan berkharisme. Ted adalah website penampung ide dimana Anda bisa menonton video seminar orang-orang terkemuka, tentu saja dengan bahasa Inggris. Disana juga tersedia subtitle bagi Anda yang kurang mengerti.

    Dengan sering mendengar orang berbicara dengan bahasa Inggris, otak Anda akan semakin terbiasa dengan bahasa Inggris sehingga tak lama kemudian Anda akan bisa mengerti bahasa Inggris.
  7. Membaca Buku Bahasa Inggris

    Cara ini cukup efektif. Bila mendengar orang berbicara bahasa Inggris lebih mengarah ke arah lingual, maka membaca buku lebih literal. Membaca buku mampu membuat Anda mengerti dengan cepat karena mata adalah media tercepat untuk sampai ke otak.

    Saat membaca buku bahasa Inggris, pastikan kamus menemani Anda untuk berjaga-jaga bila ada kata-kata yang sulit Anda pahami.
  8. Sering Berbicara dengan Orang Asing yang Berbahasa Inggris

    Tak perlu pergi ke Amerika atau ke Inggris, cukup menggunakan media sosial yang Anda miliki untuk berteman dengan orang luar negeri dan kemudian berusaha berbincang-bincang dengan mereka.

    Selain bisa belajar bahasa Inggris dengan mudah, Anda juga bisa berteman dengan mereka. Lumayan, bisa nambah teman dari luar negeri, hehe.
Anda telah membaca Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris. Beberapa dari Anda pasti bertanya, apakah cara-cara belajar bahasa Inggris tersebut sudah dibuktikan? Jawabannya ialah iya! Saya telah melakukan cara-cara itu dan hasilnya efektif! Lebih efektif daripada belajar bahasa Inggris di bangku sekolah.

Meskipun saya masih terbilang buruk dalam grammar, setidaknya saya sudah bisa mengerti orang berbicara bahasa Inggris tanpa subtitle. Sekali lagi saya tekankan, grammar itu penting, namun pengertian akan bahasa Inggris lebih penting. Fakta! Beberapa orang Amerika Serikat bahkan tak pernah peduli grammar.
Sebelum saya menyelesaikan artikel ini, saya akan memberikan sebuah kata-kata.
The biggest mistake of the teacher is not giving his/her students an experience to fail.
 Kegagalan itu perlu bagi orang yang mau sukses. Kalau ada tambahan, silahkan tulis di komentar saja ya. Cheers!

13 komentar:

Obat Kulit Wajah Sensitif Kemerahan mengatakan...

thks soba telah berbagi infonya, sangant bermanfaat dan membantu
http://myagnetasoyamilk.com/obat-kulit-wajah-sensitif-kemerahan/

Obat Untuk Membuat Kulit Wajah Halus mengatakan...

nformasi yang sangat membantu saya, mudah2an dapat membantu yang lainnya juga

Satryo Bagus Priyambodo mengatakan...

thanks gan mau nyoba praktekin dulu :)

Daniel Lim mengatakan...

Monggo gan :D

Daniel Lim mengatakan...

Semoga mas
makasih kunjungannya

Daniel Lim mengatakan...

Terima kasih kunjungannya gan :D

arsul mengatakan...

wah keren banget nih infonya, ini sangat bermanfaat untuk ane yg masih belum ngerti bhs.inggris.

Gustiar Ahadan mengatakan...

Keren gan blognya, mampir juga ya

midleman.blogspot.com

anggi al mengatakan...

yang belum pernah saya lakukan tips nomor 8 gan... kagak ada orang asing.... haha... tapi bagus artikelnya gan.... salam: http://blogku-al.blogspot.com

teguh firmansyah mengatakan...

kayanya yang paling enak itu sambil maen game gan.. hahaha
ga bikin pusing..

Ahmad Sopian mengatakan...

klo ane dr dengerin lagu barat..nice post gan

Obat Bronkitis mengatakan...

informasi yang sangat bermanfaat dan membantu. Thx
http://obatbronkitis.myapotekacemaxs.com/

Obat Keloid mengatakan...

izin simak artikel ini gan ;)

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Jangan Lupa Kalo Memang Suka Like Aja !!!

×

Powered By CLUSM and Skyzone GC

Tentang CLUSM

Blog CLUSM menyediakan informasi terbaik untuk Anda. Ingin lebih dekat dengan CLUSM? Silahkan kirimkan pesan Anda di Facebook CLUSM.
Designed By Blogger Templates