Senin, 16 September 2013

4 Negara Calon Adidaya Dunia

Negara yang paling berpengaruh saat ini adalah Amerika Serikat dimana negaranya mendapat gelar sebagai negara adidaya. Mengapa ? Karena Amerika Serikat sekarang sangat berpengaruh terhadap dunia dimana mata uangnya yaitu US$ ( US Dollar ) menjadi pusat mata uang dunia. Tetapi bukan saja itu alasan mengapa Amerika Serikat bisa menjadi negara adidaya tetapi Amerika Serikat sudah banyak berpengaruh terhadap dunia sehingga disebut sebagai negara adidaya. Tetapi banyak orang memikirkan negara mana yang akan menggantikan Amerika Serikat sebagai negara adidaya bila suatu saat negara tersebut tumbang. Dan hari ini saya akan menjabarkan 4 Negara Calon Adidaya Dunia yang diduga akan menggantikan Amerika Serikat sebagai negara adidaya. Sebelumnya saya pernah membagi Negara Negara yang Pernah Menjadi Adidaya Dunia yang tentunya harus dibaca oleh anda. Berikut 4 Negara Calon Adidaya Dunia :

Republik Rakyat Cina ( RRC )
Banyak ahli di bidang ekonomi, politik, budaya, dan sosial yang mengatakan bahwa negara tirai bambu ini yang akan menggantikan Amerika Serikat sebagai negara adidaya. Bahkan seoarang peramal berkata bahwa setelah Amerika Serikat jatuh pada Perang Dunia III maka Cina menjadi negara adidaya selanjutnya. Saat ini, banyak pihak juga beranggapan bahwa Cina berpotensi menjadi negara adidaya mengingat negara ini menjadi salah satu penyaing negeri paman Sam tersebut. Selain itu, Cina juga berkembang pesat di bidang industri komputer, komunikasi, dan pembuatan barang barang elektronik. Cina juga mempunyai wilayah yang mendukung untuk menjadikannya menjadi negara maju. Tetapi seringkali pertumbuhan penduduk yang besar membuat negara ini sulit menjadi negara adidaya saat ini.

Federasi Rusia
Setelah Uni Soviet tumbang, berakhirlah persaingan antara kedua negara adidaya abad ke-20 yakni Uni Soviet dan Amerika Serikat. Setelah tumbang, banyak negara berpisah dari Uni Soviet dan membentuk negara negara sendiri dan wilayah bekas Uni Soviet akhirnya berubah menjadi Federasi Rusia. Karena dahulu meruapakan bekas pesaing Amerika Serikat, Rusia berpotensi kembali menjadi negara adidaya meski itu agak sulit dilakukan sekarang. Rusia juga hampir menyamai Amerika Serikat di bidang industri perang dan teknologi meski Rusia kalah di bidang ekonomi dan perindustrian hiburan. Tetapi tetap saja, Rusia berpotensi menjadi pengganti Amerika Serikat sebagai negara adidaya.

Jepang
Dianggap sebagai penyaing Amerika Serikat di berbagai bidang seperti industri komputer, elektronik, robot, militer/senjata, nuklir, perfilman, hiburan, permainan bahkan sampai dengan ekonomi membuat negara matahari terbit ini bisa dicalonkan sebagai negara adidaya bila suatu saat Amerika Serikat tumbang. Jepang yang berkembang pesat di bidang bidang terpenting membuat negara yang semula kalah perang melawan Sekutu bisa menjadi salah satu negara maju di Asia bahkan dunia. Jepang berperan penting di berbagai sektor dan bahkan Tokyo dijuluki sebagai "Rumah Para Robot" karena kemajuan mereka dalam membuat robot. Negara ini juga dikagumi karena meskipun 2 kotanya hancur karena di bom atom Amerika Serikat, mereka mampu bangkit dan menjadi negara maju sampai saat ini.

Indonesia
Saya mencantumkan Indonesia disini bukan karena opini sendiri tetapi berdasarkan fakta yang ada. Kita tentunya bangga ( bahkan wajib ) terhadap negara kita yakni Indonesia tercinta. Banyak alasan mengapa Indonesia bisa menjadi negara adidaya. Mari kita ambil contoh sederhana, 2 candi terbesar di dunia berasal dari Indonesia yakni Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Itu cuma satu contoh bagaimana bila saya kasih 200 contoh atau 2000 contoh bahkan 20000 contoh mungkin tidak akan muat di blog ini. Tapi percayalah, Indonesia bisa ( bahkan pantas ) menjadi negara adidaya bila pemerintahannya dikelola dengan baik oleh pemerintah. Sayang, ada beberapa hal yang menghadang kita menjadi negara adidaya yakni masih banyaknya kasus korupsi yang tidak ditindak tegas, orang miskin yang banyak, rasisme yang masih banyak, pemerintah yang kurang tegas, masih banyak saling ejek agama, kurangnya kerjasama, pemerintah belum bisa mengusahakan tanah sendiri contohnya tanah papua yang penuh emas malahan diurus oleh perusahaan luar negeri, dan masih banyak hal lain. Bila semua masalah itu diselesaikan maka saya akan menjamin Indonesia akan menjadi negara maju bahkan menjadi negara adidaya. Dan sebagai tambahan, Indonesia adalah negara paling strategis di dunia dimana wilayahnya terletak di antara 2 benua dan 2 samudra.

10 komentar:

Rahman Sudarman mengatakan...

salah satu cara menjadikan indonesia menjadi negara adidaya adalah mengubah mental rakyat indonesia dari mental dijajah/pelayan menjadi mental penjajah/tuan. selama ini rakyat indonesia memiliki pola pikir seperti dijajah.

william wijaya mengatakan...

DAN YANG MENJAJAH INDONESIA SAAT INI ADALAH BANGSA CHINA. IT IS FACT, NO RACIST.

Muhammad Nurul mengatakan...

smoga hal itu bukan angan angan sajabagi indo, pasti bisa terwujud,
JAYA INDONESIA KU, AKU BANGGA DENGAN MU, MAJU MAJU..............

ratna maftuhah mengatakan...

Indonesia berapa ratus tahun pasti jadi negara adidaya tapi sayang kita sudah mati.. Dan negara adidaya pasti akan menjadi penghianat dunia

Daniel Lim mengatakan...

Tetapi tidak ada yang tidak mungkin
Bangsa Amerika yang waktu abad ke-18 merupakan negara kecil yang koloninya bermasalah aja kini udah jadi negara adidaya

Endryanto Mahendra mengatakan...

bukannya china teman kita, apa buktinya..??!

yoltra mengatakan...

prediksi saya indonesia jadi negara adidaya tahun 2145
udha pada dead kita yaaa....!!!

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
ali-aliyonk mengatakan...

indonesia memang ada potensi untuk jadi negara adidaya. letak geografis yg strategis seperti yg disebut admin diatas, SDA dan hasil bumi yang melimpah plus jumlah penduduk yang besar. yang dibutuhkan adalah bagaimana bisa memanfaatkan sebesar-besarnya potensi yang dimiliki, melalui kebijakan2 yang tepat, oleh pemerintahan yang bersih sbg penggeraknya.

vinka rany mengatakan...

Lihat aja yang punya toko material kebanyakan cina.
Permainannya di indo pertama
1. Ikan louhan
2. Sekarang batu akik

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Jangan Lupa Kalo Memang Suka Like Aja !!!

×

Powered By CLUSM and Skyzone GC

Tentang CLUSM

Blog CLUSM menyediakan informasi terbaik untuk Anda. Ingin lebih dekat dengan CLUSM? Silahkan kirimkan pesan Anda di Facebook CLUSM.
Designed By Blogger Templates