Sabtu, 14 September 2013

Cara Membuat Blog yang Bermutu

Blog merupakan singkatan dari Weblog yang populer sejak tahun 2002. Pada awal perkembangan, blog hanya merupakan "diari kecil online" tetapi seiring perkembangan jaman yang begitu pesat, lambat laun blog menjadi sebuah ajang menyebarkan informasi, opini pribadi, karya pribadi, bahkan berita. Tetapi seiring waktu berjalan, semakin banyak yang membuat blog dan pada akhirnya persaingan menjadi semakin banyak. Nah, maka hari ini saya akan membagi info bagi calon blogger yang ingin membuat blog yang bermutu. Dengan ini, saya berharap agar tulisan sederhana ini bisa menginspirasi ribuan bahkan jutaan calon blogger.


  1. Perhatikan bahwa anda telah sungguh sungguh untuk terjun ke dunia blogging jangan cuma setengah setengah tetapi bulatkan tekad anda untuk menjadi blogger yang membanggakan negeri bukan sebaliknya.
  2. Pahamilah beberapa kata yang berhubungan dengan dunia blogging seperti kode HTML, SEO, Backlink, PageRank, dan sebagainya yang bisa anda lihat disini.
  3. Tak perlu menghafal semua istilah blog tetapi cukup mengetahui HTML, Pagerank, dan SEO.
  4. Pilih dimana anda akan membuat blog. Saya sarankan memilih Blogger atau Wordpress karena 2 website inilah yang paling populer di kalangan blogger. Tapi bila anda ingin pilih yang lain tersedia tumblr, livejournal, blogdetik, drupal, joomla, edublogs, dll. Tapi bila anda juga mahir membuat blog dengan HTML maka silahkan buat. Itu tergantung anda sendiri.
  5. Setelah anda membuat blog, jangan langsung menambah widget widget tetapi tambah widget yang terpenting dahulu seperti label, arsip, artikel terpopuler, fp blog anda, dan lain lain yang anda anggap penting.
  6. Buatlah artikel yang penting, jangan yang tidak berhubungan dengan tema blog anda. Bila anda tidak punya ide, copy pastelah beberapa artikel dari blog orang lain tetapi jangan keseringan dan ingat taruh sumbernya.
  7. Setelah pengunjung anda mencapai 100 orang per hari, tingkatkan promosi anda. Beritahu teman dan kolega anda. Juga promosikan di social network yang anda miliki.
  8. Buatlah artikel yang semakin bermutu dan populer di kalangan penjelajah internet.
  9. Lihat dan Pantau berita berita terbaru di koran, majalah, dan website berita seperti okezone.com, kompas.com, dll
  10. Rapikan blog anda jangan terlalu berat dan juga tambahkan widget widget yang menarik asal tidak memberatkan blog anda.
  11. Bila anda punya cukup uang, iklankan blog anda di blog yang pengunjungnya banyak. Hal itu akan membuat blog anda semakin ramai.
Hanya demikian yang bisa saya share dan semoga bisa menginspirasi calon blogger yang akan bersaing di dunia blogging. Sekian dan terima kasih.

4 komentar:

Rahasia Bukan mengatakan...

mantap bangeet bro, tips merencanakan isi blog yang baik, see http://danielim7.blogspot.com/2013/09/cara-membuat-blog-yang-bermutu.html

Johan Johanjo mengatakan...

terima kasih informasinya Gan
writing and Inprovement

sheva bima mengatakan...

terimah kasih om tipsnya :D , mampir ke blogku ya

http://sheva-bima.blogspot.com/

Mikro Tips mengatakan...

Mantap tipsnya gan, thanks udah share.

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Jangan Lupa Kalo Memang Suka Like Aja !!!

×

Powered By CLUSM and Skyzone GC

Tentang CLUSM

Blog CLUSM menyediakan informasi terbaik untuk Anda. Ingin lebih dekat dengan CLUSM? Silahkan kirimkan pesan Anda di Facebook CLUSM.
Designed By Blogger Templates