Selasa, 27 Mei 2014

Tips Memilih Nama Domain

Nama domain merupakan sebuah nama yang unik artinya tidak ada 2 nama domain yang sama di internet. Itulah sebabnya banyak orang berbondong-bondong membeli nama domain yang menurut mereka bagus, cantik, dan trafik yang didatangkan melalui SEO sangatlah tinggi. Sayangnya, sangat sulit untuk mendapat domain bagus dan cantik bahkan sampai ada domain yang dihargai sangat mahal, selengkapnya baca disini. Seperti Fund.com yang dihargai  $9.999.950 atau Rp.99.999.500.000.

Dari sekian nama domain yang dari hari ke hari jam ke jam menit ke menit dan detik ke detik selalu bertambah, anda yang ingin memesan dan memilih nama domain yang bagus dan sesuai akan dituntut untuk memilih nama domain yang unik alias berbeda dari sekian banyaknya nama domain di internet. Tetapi tenang, saya akan memberikan tips bagi anda untuk memilih domain yang bagus untuk perusahaan maupun blog anda. Berikut Tips Memilih Nama Domain


  1. Pendek

    Masyarakat internet menyukai domain yang pendek atau lebih spesifiknya, masyarakat internet menyukai nama domain yang panjangnya tidak lebih dari 10. Itu dikarenakan karena kebanyakan masyarakat internet "malas" untuk mengetik sebuah nama domain yang lebih dari 10 huruf. Tetapi mengapa banyak website maupun blog yang sukses karena nama domain yang panjang ? Misalnya, dailyblogtips.com, mengapa ? Saya akan membahasnya di poin kedua.
  2. Mudah Dihafal

    Bila anda sudah berhasil memilih nama domain yang pendek, pastikan nama domain tersebut juga mudah dihafal. Bahkan kadangkala nama domain yang pendek dikalahkan oleh nama domain yang panjang tetapi mudah dihafal. Itulah sebabnya anda perlu memperhatikan poin ini. Coba bandingkan dailyblogtips.com dengan zhmdq.com. Manakah yang lebih mudah dihafal ? Tentu saja dailyblogtips.com. Itulah sebabnya blog tersebut meraih banyak pengunjung meski nama domainnya panjang. Tetapi akan lebih maksimal bila nama domain bisa pendek dan mudah dihafal. Sayangnya, domain tersebut sangat langka dan apabila dijual akan sangat mahal harganya.
  3. Domain Pagerank Tinggi

    Sangat sulit untuk menemukan domain dengan pagerank tinggi. Biasanya domain tersebut adalah expired domain yang tidak lagi akan diperpanjang oleh pemiliknya. Anda bisa "mencuri" kesempatan dengan cara mendaftarkan kembali domain tersebut tetapi cara tersebut akan sangat sulit apalagi kekurangan ialah banyak nama domain yang tidak akan sesuai dengan selera anda juga hanya sedikit nama domain yang benar-benar berpagerank tinggi. Saya sarankan agar anda membeli nama domain yang benar-benar berkaitan dengan perusahaan anda. Hal yang mudah datang itu juga mudah pergi. Tetapi bila anda tetap ingin memanfaatkan cara ini, anda bisa mencari nama domain yang expired maupun deleted disini.
  4. Usahakan Memakai Ekstensi .com

    Mengapa .com ? Bukankah masih banyak ekstensi yang bagus ? Jawabannya ialah masyarakat internet lebih menyukai dan lebih familiar dengan .com dibandingkan domain lain seperti .net, .info, .org, apalagi .biz. Contoh kasus seperti ini ialah blog seperti ProBlogger.net membeli nama domain ProBlogger.com dikarenakan banyak orang yang salah mengetik domain ProBlogger.net menjadi ProBlogger.com. Juga Kaskus.us yang berganti menjadi Kaskus.com ( Kini sudah menjadi Kaskus.co.id ). Tetapi bila anda lebih suka pada ekstensi domain lainnya, anda masih bisa mendaftarkan domain tersebut dan meraih trafik terbaik. Saya hanya bisa mensarankan .com mengingat internet terdengar sangat akrab dengan ekstensi .com.
  5. Niche yang Bagus

    Blog yang berfokus pada niche tertentu akan terkesan lebih bagus dan lebih proffesional. Itulah sebabnya banyak blog/website bisnis yang menggunakan niche blog mereka sebagai nama domain. Misalnya startupbisnis.com yang berisi tentang informasi dan pembelajaran untuk pemula dalam dunia bisnis online, dailyblogtips.com yang berisi tentang tips-tips untuk blogger, dan lain sebagainya. Tetapi kekurangan adalah bila niche anda terlalu spesifik maka akan menimbulkan nama domain yang sangat panjang misalnya tipsmenghasilkanuangdenganmudah.com ( Nama domain ini hanya contoh ).
  6. Usahakan Tidak Memakai Simbol dan Angka

    Biasanya masyarakat internet tidak memperdulikan simbol sebuah nama domain. Itulah sebabnya, diusahakan agar nama domain anda tidak mengandung simbol maupun angka. Tetapi hal ini tidak dipaksakan mengingat nama domain di internet sudah sangat banyak. Bila anda menyukai domain dengan simbol maupun angka, usahakan simbol dan angka tersebut tidak kebanyakan.
  7. Nama Merek

    Apa yang menjadikan Facebook begitu populer ? Karena fiturnya, tampilannya dan tentu saja, nama domainnya. Bila nama domain Facebook diubah menjadi thefacebook.com maka mungkin Twitter-lah yang akan meniadi raja sosial media. Sebenarnya nama domain Facebook.com dibeli dari Aboutface.com. Dulunya Facebook menggunakan nama domain thefacebook.com. Wah, cupu banget ya. Nah, bila ingin nama domain anda bagus, pakailah nama domain dengan nama merek produk anda. Tentu itu akan menjadi nilai tambah bagi bisnis anda.
Yah, hanya segitu kira-kira Tips Memilih Nama Domain. Semoga bisa bermanfaat atau setidaknya bisa menjadi referensi untuk anda. Bila anda hendak menggunakan nama domain agar anda bisa sukses, perlu saya ingatkan agar tidak terlalu memfokuskan kesuksesan anda dalam nama domain. Karena nama domain sama sekali tidak berpengaruh untuk kesuksesan anda melainkan tekad dan semangat yang dimiliki oleh anda.

Baiklah, tips diatas mungkin hanya sekedar pemikiran saya yang terbatas. Saya yakin pembaca seperti anda adalah orang yang pintar, maka itu bila anda memiliki tips lainnya, jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar karena hal itu pasti akan sangat berharga. Atau komentar hanya sekedar basa-basi ? Tidak masalah, tulis saja asal jangan ngespam. Sekian dari saya, Terima Kasih

Ohh iya, apa komentar anda terhadap nama domain clusm.com ?

3 komentar:

Mas Nazar mengatakan...

Terimakasih mas, Tips nya. Domain saya semoga mudah di ingat deh :)

Daniel Lim mengatakan...

Sipp sama-sama mas :D
Makasih kunjungannya

TEMPAT DOWNLOAD MP3 LENGKAP GRATIS mengatakan...

Terima Kasih Tips atas domain nya kang

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Jangan Lupa Kalo Memang Suka Like Aja !!!

×

Powered By CLUSM and Skyzone GC

Tentang CLUSM

Blog CLUSM menyediakan informasi terbaik untuk Anda. Ingin lebih dekat dengan CLUSM? Silahkan kirimkan pesan Anda di Facebook CLUSM.
Designed By Blogger Templates