Kamis, 08 Mei 2014

10 Kerugian Artikel Copy Paste Bagi Blogger

Akhir-akhir ini saya sering kesal dengan beberapa artikel copy paste yang dilakukan oleh beberapa blogger. Terutama terhadap artikel yang dicopy bulat-bulat dari blog ini. Tetapi saya gak mau tuntut mereka karena sebenarnya dulu saya juga sering copy paste artikel dari blog orang lain. Mungkin itu karmanya.

Oke, kembali ke topik. Mungkin bagi anda yang sering menjelajahi internet atau anda yang bekerja sebagai blogger merasa kesal terhadap artikel-artikel copy paste ( kita singkat jadi copas saja ) yang seakan menjadi jerawat di google. Bagaiman tidak kesal ? Kita yang ingin mencari informasi yang kreatif dan yang berbeda-beda dari setiap blog malah mendapat kumpulan artikel yang dicopas secara bulat-bulat.

Nah, atau jangan-jangan anda adalah seorang blogger yang suka copas. Kalau memang begitu, segera tinggalkan kebiasaan jelek itu dan mulailah memproduksi artikel sendiri meskipun hal itu terasa sulit. Karena hal yang didapat dari hasil kerja sendiri lebih memuaskan daripada mengambil milik orang lain. Setuju gak ? Oke, berikut 10 Kerugian Artikel Copy Paste Bagi Blogger


  1. Tidak Kreatif

    Inilah 2 kata yang saya lontarkan pertama kalinya untuk artikel copy paste. Menggunakan artikel yang dicopy paste dari blog orang lain menandai bahwa anda adalah orang yang kurang kreatif. Itulah mengapa setiap saya mengunjungi blog yang menggunakan artikel copas ( yang hampir seluruhnya ), saya seakan menjadi malas untuk membaca blog tersebut. So, bagi anda blogger yang sering copas bertobatlah sebelum pengunjung blog anda berkurang.
  2. Blogger Murahan

    Entah mengapa setiap kali saya mengunjungi blog yang rata-rata artikelnya copasan, saya selalu merasa bahwa blogger itu "murahan" dan "alay". Mungkin hanya persepsi. Bukan hanya saya yang mengatakan bahwa blog yang rata-rata artikelnya hasil copy paste, bloggernya murahan tetapi banyak orang juga yang menyebutnya demikian terutama orang yang sudah proffesional dalam dunia internet. Saya sarankan agar predikat "murahan" tidak dilekatkan kepada anda, janganlah sekali-kali copas bulat-bulat suatu artikel untuk dimasukkan ke blog anda.
  3. Pengunjung Blog Berkurang

    Ya, sekarang internet sudah bisa dikatakan cukup lama ada. Sehingga sudah banyak orang yang sudah lama menjelajahi internet. Nah, mereka juga perlahan-lahan mulai mengerti keadaan blog yang rata-rata artikel adalah hasil copy paste. Tentu saja mereka tidak menyukainya sehingga lama kelamaan pengunjung blog artikel copy paste akan lama kelamaan kekurangan pengunjung. Nah, bagi anda yang ingin pengunjung blog banyak, jangan copas ya.
  4. Dibenci Google

    Google mempunyai visi untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para penggunanya untuk mencari hasil yang relevan. Salah satu caranya ialah memberantas blog-blog yang menggunakan artikel copas untuk mencapai posisi pertama Google. Mungkin pada awal bulan bisa berjaya seperti halnya artikel lain. Tetapi kalau sudah kepergok oleh Google maka blog kita terancam dibanned dari Google. Resiko juga kan kalo sering copas.
  5. Tidak Diterima Google Adsense

    Google Adsense hanya menerima blog-blog yang memproduksi konten asli didalam blognya. Jadi bagi anda blogger yang ingin diterima Google Adsense, segeralah ubah artikel anda menjadi produksi diri anda sendiri.
  6. Susah Untuk Di-Monetisasi

    Blog yang berisi artikel hasil copas sangatlah susah untuk dibuat menguntungkan. Itu dikarenakan sebagian besar pemasang iklan maupun jaringan iklan tidak menerima blog yang mencopas hasil karya orang lain. Itu sebabnya blog yang hanya menyediakan artikel copy paste jarang mendapatkan uang. Jadi bagi anda blogger yang ingin menghasilkan uang lewat aktivitas blogging, segeralah menghindari copy paste semampu mungkin.
  7. Dibenci di Kalangan Blogger

    Semua blogger yang sudah proffesional dalam hal ngeblog sangat membenci artikel copas. Itulah sebabnya jarang terjadi komunikasi antara blogger pencopas dengan blogger proffesional. Blogger yang artikelnya hasil copas selalu ditanggapi dingin di kebanyakan grup blogger dan bahkan ada yang mengkick blog yang hanya berisi artikel copas. Intinya, blogger pencopas cukup banyak dibenci di kalangan blogger.
  8. Membuat Kesal Sang Penulis Asli

    Coba bayangkan seorang blogger yang sudah capek-capeknya membuatsebuah artikel dan sangat bahagia ketika artikelnya sudah dipublikasikan. Kemudian datanglah blogger pencopas yang kagum dengan hasil kerjanya dan menyalin semua isi artikel ke blognya. Mirisnya, blog pencopas tersebut mendapat peringkat pertama di pencarian Google dan sang blogger pencopas tersebut sama sekali tidak menaruh backlink blog blogger yang membuat artikel itu serta diklaim sang blogger pencopas sebagai hasil karya. Coba bayangkan sekali lagi bagaimana perasaan sang blogger itu. Mungkin dia bisa melaporkannya. Bagaimana jikalau malahan dia yang dituduh balik sebagai sang pencopas ?

    Nah, diatas hanyalah sepenggal cerita dari kasus copy paste yang merajalela di kalangan blogger. Mungkin bukan hanya kekesalan yang hinggap di dalam diri sang penulis asli, tetapi juga kesedihan yang mendalam. Jadi para anda blogger yang senang mencopas hasil karya orang lain, segeralah bertobat dan jagalah perasaan blogger yang anda copas hasil karyanya.
  9. Melanggar Privasi dan Hak Cipta

    Nah, copas juga bisa dikatakan sebagai pelanggaran privasi dan hak cipta yang cukup berat. Tetapi pengaruh UU hak cipta di internet masih kurang sehingga kasus copy paste merajalela. Untunglah Google masih memberi perhatian yang cukup untuk kasus ini. Nah, Google menyiapkan DMCA untuk "menghukum" para blogger yang menggunakan hasil copas sebagai konten utama blog. Alamat DMCA sendiri bisa diakses disini. Bagi anda blogger yang suka copas sebaiknya mulai hati-hati dan merubah jalur copas anda menjadi hasil karya anda sendiri.
  10. Menuai Malu

    Terus terang, blog yang bediri dengan hasil copas pasti malu bisa terus-menerus dikecam oleh pihak yang membenci artikel copas. Tentu saja ini harus menjadi perhatian yang serius untuk blogger. Bilamana anda membuat blog dengan artikel hasil copas, maka anda harus malu karena anda menunjukkan pribadi anda yang tidak kreatif. Jadilah kreatif dan mulailah membuat artikel dari pemikiran diri sendiri. Itu akan menunjukkan pribadi anda yang sesungguhnya.
Nah, sampai waktu saya menulis ini, kini kebanyakan blogger pencopas mulai malam memblok, menekan klik kanan, kemudian mengklik copy. Mereka menggunakan teknologi RSS untuk memindahkan semua artikle blog menuju blog mereka. Hal ini mereka lakukan agar mendapat klik iklan dari pengunjung tanpa perlu melakukan apa-apa selain duduk dan menggunakan teknologi instan ini.

Saya mau curhat sebentar. Sebenarnya dulu blog ini berisi artikel copas yang bisa dibilang banyak. Tetapi sekarang saya mulai berjanji untuk tidak membuat artikel copas lagi. Saya sebenarnya ingin menghapus artikel copas tersebut tapi ya sudahlah, kalau saya hapus maka akan sangat berpengaruh besar terhadap SEO dan kunjungan di blog ini. Nah, saran saya bagi anda yang suka mencopas, lebih baik segera hentikan aksi anda. Tulisan anda jelek ? Tuliskan saja, jelek tidaknya tulisan anda, anda akan lebih malu bila menggunakan artikel copas sebagai penunjang blog anda. Kalau anda tidak tertarik di dunia blogging, segera tinggalkan aktivitas blogging dan cari menurut anda tempat yang menarik. Karena blogging tidak akan maksimal tanpa hasrat. Anda sudah meminta izin kepada pemilik konten yang dicopas ? Nah, saya tidak melarangnya tetapi ingin saya ceritakan sesuatu.

Menurut info yang saya terima, meskipun sudah meminta izin kepada pemilik asli konten, sang pemilik konten juga akan kesal bilamana ternyata blognya dikalahkan oleh blog yang mencopas hasil karyanya. Juga ada yang memberi izin hanya sekedar segan atau basa-basi padahal di dalam hatinya, dia sangat kesal.

Akhir kata,.saya tidak melarang anda untuk mencopas. Tetapi tolong pikirkan resiko dan perasaan orang yang anda copas hasil karyanya. Setidaknya, tolong kurangi aktivitas copas anda. Marilah menjadi pribadi yang kreatif dan menghargai privasi dan hasil karya orang lain. Itu saja yang bisa saya sampaikan kalau ada tambahan, tambahkan saja di komentar. Maaf bila ada kesalahan kata karena kesempurnaan hanya milik Tuhan Yang Maha Esa dan kita sebagai manusia hanya bisa berusaha. Have a nice day!

9 komentar:

Pasti Pinter mengatakan...

updatenya alo google yang baru emang nggk suka artikel yang coppas. google sukanya yang fresh dan uniq konten. klo ngebet coppas minimal di rewrite minimal 50% lah. semoga bermanfaat... satu lagi artikel coppas susah page one. klopun bisa harus banyak BLnya.

Daniel Lim mengatakan...

Iya betul itu bro
Makasih kunjungannya

Leony Li mengatakan...

ini sudah tradisi dan budayanya mas, blog saya juga sering dicopas, baru 10 menit publish, eh,, ternyata sudah pulahan orang yang copas. kesel banget heheheh...

Seruserubanget SSB mengatakan...

kebanyakan yg copas itu blogger2 pemula ya mas, gatau dan ga ngerti mau update apa akhirnya copas dari blog lain, ternyata copas sangat merugikan di belakang hari, tanpa di sadari bahaya meneror blog2 yang contennya copas semua. bahaya itu udah pasti blognya terjaring spam atau blognya akan di benci blogger lain seperti yang sudah mas tulis di atas.
-keep sharing-

Daniel Lim mengatakan...

Memang kesel apalagi kalo ternyata malah blognya yang dapat SERP peringkat pertama he he
Makasih kunjungannya

Daniel Lim mengatakan...

Makanya itu mas harus segera diminimalisir atau kalau bisa dihilangkan budaya copasnya, makasih kunjungannya

KangAzis mengatakan...

nice share gan, emang copaser itu sungguh terlalu apalagi ga di kasih sumbernya

ekobudisantoso mengatakan...

weleh itu blog ane pernah lho di copy full semuanya, langsung trafik bisa down , jahat bener dah para pencopas kejam, tapi gan masih ada pencopas baik. walau copas tetep nyantumin link blog ane. .

aku na mengatakan...

Situs piyunganonline artikel 99% hasil copas tapi fine2 aja gan :-D alexa dah ramping banget iklan berjejer haha

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Jangan Lupa Kalo Memang Suka Like Aja !!!

×

Powered By CLUSM and Skyzone GC

Tentang CLUSM

Blog CLUSM menyediakan informasi terbaik untuk Anda. Ingin lebih dekat dengan CLUSM? Silahkan kirimkan pesan Anda di Facebook CLUSM.
Designed By Blogger Templates