Selasa, 21 Juli 2015

Cara Tepat Memulai Bisnis Online

cara memulai bisnis online, cara bisnis online menguntungkan, bisnis online tanpa modal, bisnis online tanpa ribet, bisnis online
Saya telah banyak membahas bisnis online dalam blog ini. Namun kali ini saya akan mengangkat topik yang lebih berbeda. Bila biasanya saya lebih menulis ke arah "ide" maka sekarang adalah saatnya menulisnya bagaimana cara-caranya untuk memulai bisnis online dengan tepat.

Sebelumnya saya pernah menulis tanya jawab mengenai bisnis online (baca juga, Tanya Jawab Seputar Bisnis Online) dan untuk referensi lebih lanjut tentang bisnis online, mungkin Anda bisa membacanya.

Bisnis online merupakan bisnis. Bisnis tak bisa berkembang dan sukses dalam waktu yang relatif singkat, jadi jangan berharap jika bisnis online bisa membuat Anda cepat kaya. Bisnis online bukan bisnis cepat kaya. Layaknya bisnis konvensional, bisnis online harus dikerjakan serius agar bisa mencapai hasil yang maksimal. Intinya, bisnis online yang menguntungkan adalah bisnis online yang telah dikerjakan dengan strategi yang mantap, bukan dengan harapan yang cepat. Segala sesuatu yang cepat datang akan cepat pergi.

Dalam artikel kali ini, saya akan memberikan beberapa cara tepat untuk memulai bisnis online bagi Anda. Bisnis harus dimulai dengan cermat, apalagi dalam jaman persaingan global yang sudah menggila ini, pastilah akan sangat absurd bila bisnis dimulai dengan langkah yang salah.

Sekedar curhat untuk berbagi pengalaman, saya memulai bisnis online dengan salah pada awalnya. Saya menganggap bahwa bisnis internet adalah bisnis yang membuat saya cepat kaya. Namun, setelah 3 tahun pendalaman, saya menyadari bahwa pemahaman saya adalah salah. Bagi Anda yang mungkin salah memulai bisnis online seperti saya, ada baiknya berbenah diri untuk memulai kembali. Ingat, kegagalan adalah sebuah jembatan menuju kesuksesan, bukan jurang yang mengakhiri segalanya. Oke?

Jadi apakah Cara Tepat Memulai Bisnis Online? Berikut adalah jawabannya.

  1. Tentukan dulu keahlian Anda

    Bisnis online adalah banyak macam. Bisnis online bukanlah bisnis monoton melainkan bisnis yang bersifat dinamis. Penentuan hobi dan keahlian sangatlah vital disini. Jika Anda masuk ke segmen yang salah maka Anda suatu saat harus memulai kembali dan itu sangat melelahkan sehingga ada baiknya Anda tentukan dulu apa keahlian dan hobi Anda yang cocok untuk dimasukkan dalam sebuah peluang bisnis online.
  2. Mencari informasi

    Dunia bukan hanya ada Anda sendiri. Banyak ilmu tersebar di dunia ini. Apalagi dalam era informasi yang sudah semakin terbuka ini, Anda bisa mencari ilmu dalam sekali klik di internet. Jangan gegabah, carilah informasi dengan tepat. Mencari pengalaman tidak hanya dalam diri sendiri namun bisa dicari dalam diri orang lain, jadi perbanyaklah informasi dan minimalkan kesalahan yang akan terjadi ke depannya. Anda juga bisa mencari informasi dan pengalaman dari keluarga, kerabat, maupun teman dekat.
  3. Bergabung dengan komunitas yang sudah berpengalaman

    Mirip dengan poin nomor dua di atas, Anda harus mencari pengalaman namun bila ingin pengalaman yang lebih intim, Anda mungkin bisa bergabung dengan sebuah komunitas. Banyak komunitas bertemakan bisnis online yang tersebar di dunia maya bahkan tersedia dalam segmen bisnis online yang lebih kecil sehingga Anda tak bisa pusing dalam mencarinya. Berinteraksi saja dalam komunitas tersebut. Bertanyalah hal yang perlu dan saling berbagi pengalaman maka Anda akan mendapatkan suatu informasi tentang bisnis online yang berharga.
  4. Memahami peluang

    Banyak peluang tersedia dalam dunia bisnis online, jadi janganlah gegabah dalam memilih peluang. Beberapa peluang bisnis online bahkan hampir tak perlu mengeluarkan modal yang banyak. Misalnya, membangun blog yang modalnya cukup membeli kuota internet dan Anda sudah bisa menghasilkan banyak uang melalui PPC, CPM, dan lain sebagainya.
  5. Milikilah sebuah kartu kredit

    Nah, ini memang bersifat opsional namun bila memang Anda memiliki sebuah kartu kredit maka hal tersebut merupakan sebuah nilai tambah dalam hal berbisnis online. Kartu kredit sudah menjadi alat pembayaran yang populer sejak internet hadir dalam kehidupan manusia. Caranya mudah, Anda cukup mengajukan pembuatan kartu kredit di bank. Namun hati-hati, banyak penipuan di dunia online dan pastikan Anda tidak menjadi korban dari carding.
  6. Jangan sombong

    Banyak orang mulai sombong semenjak ia memulai bisnis secara online. Kesombongan itu berdasar pada karena ia memiliki komunitas online, sudah bisa menghasilkan uang secara virtual/online, dan lain sebagainya. Padahal itu sangat salah. Bisnis online ditempati oleh banyak orang yang siap menjatuhkan Anda. Kesombongan hanya akan membuka celah bagi mereka yang ingin merebut posisi Anda. Ingat, pada dasarnya, persaingan bisnis online itu sama dengan persaingan dalam dunia nyata.
  7. Membuat relasi

    Ada pepatah, "banyak kepala, semakin baik". Itu artinya, semakin banyak orang yang bergabung dalam jaringan bisnis online Anda maka akan semakin menguntungkan. Jangan sungkan untuk mengajak orang, penolakan bukanlah akhir dari segalanya. Ada 7 milyar manusia di dunia ini, sungguh tak mungkin bila Anda tak bisa menemukan relasi untuk jaringan bisnis online yang menguntungkan milik Anda. Ajak kerabat dan keluarga Anda serta teman dekat Anda, maka Anda akan menjadi sukses serta membuat orang lain sukses juga. Pahalanya berkali lipat, bukan?
Itulah Cara Tepat Memulai Bisnis Online yang saya ambil dari pengalaman hidup beberapa tahun sebelumnya. Ingat bahwasanya bisnis online bukan bisnis cepat kaya dan cepat sukses, bisnis online itu sama dengan bisnis konvensional, cuma bedanya bisnis online lebih sedikit modal daripada bisnis konvensional.

Semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan bagi Anda yang ingin memulai bisnis online. Bila ada tambahan dan pemikiran super dari Anda, saya sangat menunggu Anda di komentar. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Jangan Lupa Kalo Memang Suka Like Aja !!!

×

Powered By CLUSM and Skyzone GC

Tentang CLUSM

Blog CLUSM menyediakan informasi terbaik untuk Anda. Ingin lebih dekat dengan CLUSM? Silahkan kirimkan pesan Anda di Facebook CLUSM.
Designed By Blogger Templates