Selasa, 14 Juli 2015

5 Tips Menghindari Penipuan Online

Akhir-akhir ini bisnis online sangat digemari di kalangan netter sedunia. Indonesia sebagai salah satu negara yang sering "online" juga tak lepas dari fenomena bisnis online ini. Namun, tak ada yang bisnis yang "bersih" 100%. Pasti ada sesuatu yang bernama "penipuan".

Penipuan bisnis online sebenarnya bukan lagi cerita baru di Indonesia. Penipuan dalam bisnis online di Indonesia sudah sering bahkan beberapa pelaku penipuan telah ditangkap dan dimasukkan ke dalam penjara. Namun bagaikan ilalang yang meskipun dibakar namun bisa tumbuh kembali, penipuan bisnis online seakan tak habis-habisnya.

Nah, dalam artikel kali ini saya akan memberikan beberapa tips agar bisa mencegah Anda tertipu saat berbisnis dalam dunia online. Berikut adalah 5 Tips Menghindari Penipuan Online.
  1. Pelajari Marketplace

    Kesalahan pertama korban penipuan bisnis online adalah lupa mempelajari marketplace yang ia masuki. Dalam dunia online, sangat penting mengenal marketplace. Marketplace seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan media sosial lainnya sangat rentan dimasuki para penipu online yang tidak beradab. Tidak seperti marketplace yang memang ditujukan untuk jual beli dan berbisnis seperti Tokopedia, Berniaga, Lazada, atau Elevania.

    Memang marketplace tersebut juga rentan terhadap penipuan online namun resiko penipuan yang dihasilkan juga sedikit. Tidak salah kalau Anda membeli barang dari media sosial namun ingat bahwa media sosial merupakan marketplace yang rentan dimasuki oleh penipu online.
  2. Pelajari Kredibilitas Penjual

    Bila Anda hendak membeli sesuatu secara online (apalagi dibeli di sosial media), sangat penting mempelajari kredibilitas sang penjual agar Anda tidak tertipu secara online. Kredibilitas seorang penjual dapat dilihat dalam tawaran yang ia utarakan. Misalnya, apakah ia sudah mempunyai pengalaman dalam menjual produk tertentu, ulasan yang ia terima dari pembeli, apakah ia sanggup bertemu secara nyata, dan lain sebagainya.

    Sangat penting bagi seorang calon pembeli yang ingin membeli secara online agar mengenali sang penjual dan kredibilitasnya agar tidak tertipu. Ingat, jangan langsung membeli! Kata-kata sang penjual yang manis belum tentu semanis yang dikira.
  3. Jangan Mudah Percaya

    Ini adalah prinsip yang harus Anda pegang selama berbelanja secara online. Jangan sekali-kali Anda mudah percaya kepada seseorang saat berbelanja online. Meskipun ia adalah teman Anda, jangan juga langsung percaya. Bertanyalah serinci mungkin, bertanyalah sampai pertanyaan yang penipu tak akan bisa jawab. Intinya, saat berbelanja secara online, jangan mudah percaya, pertanyakanlah!
  4. Tidak Segan untuk Bertanya

    Bila Anda sedang terlibat percakapan negoisasi dengan seorang penjual online, bertanya merupakan suatu tindakan yang harus sering Anda lakukan. Jangan langsung mentah-mentah menerima masukan dari sang penjual, tanya sang penjual hingga Anda yakin bahwa penjual tersebut tak bermaksud untuk menipu Anda secara online.
  5. Pelajari Metode Pembayaran

    Pembayaran adalah hal yang sangat vital dalam jual-beli apalagi jual-beli secara online. Bila Anda sudah membayar sejumlah uang tertentu maka pengembalian uang yang Anda bayar sangatlah sulit. Itulah sebabnya agar tidak mengalami penipuan online, pelajari metode pembayaran yang disusun oleh sang penjual.

    Lebih baik bila penjual menggunakan rekening bank dengan mengatasnamakan diri sendiri. Penipu dalam dunia online pasti tak berani menggunakan rekening bank sendiri. Setelah ia memberikan rekening bank yang kelak akan Anda bayarkan, tanya apakah nama pemilik rekening tersebut adalah asli sang penjual. Bila dia katakan iya, cari informasi dirinya di google, ketikkan nama di rekeningnya, jangan langsung percaya.

    Jangan lupa juga, tanya nama aslinya terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi online.
Itulah  5 Tips Menghindari Penipuan Online yang perlu Anda ketahui agar tidak terjebak dalam jebakan penipuan online sang penipu. Dalam bisnis apapun, penipuan pastilah tetap ada. Kewaspadaan adalah kunci untuk tidak tertipu. Bila ada tambahan, tulislah di komentar, saya menunggu pendapat dari Anda. Terima kasih.

Sumber gambar : vulcanpost.com

Tidak ada komentar:

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Jangan Lupa Kalo Memang Suka Like Aja !!!

×

Powered By CLUSM and Skyzone GC

Tentang CLUSM

Blog CLUSM menyediakan informasi terbaik untuk Anda. Ingin lebih dekat dengan CLUSM? Silahkan kirimkan pesan Anda di Facebook CLUSM.
Designed By Blogger Templates