Rabu, 16 April 2014

Metro Science : Alasan Mengapa Saat Pergi Terasa Lama dan Saat Pulang Terasa Cepat

Pernahkah anda merasa saat berpergian ke suatu tempat dan perjalanan itu terasa lama ? Dan saat anda pulang, anda merasa perjalanan tersebut terasa cepat ? Nah, sebelum memulai penjelasannya, perlu saya jelaskan bahwa waktu perjalanan tetap sama, baik pergi maupun waktu pulang. Yang ada sebenarnya hanyalah persepsi manusia.

Nah, mengapa hal ini bisa terjadi ?

Sebelum itu, saya ingin memperkenalkan rubrik baru dalam blog ini yakni Metro Science. Rubrik khusus ini menjelaskan tentang ilmu ilmiah yang sedang populer di masyarakat, terutama masyarakat Internet.

Otak manusia adalah organ yang paling penting dan paling ajaib dalam tubuh manusia. Bahkan bila komputer jaman sekarang dibandingkan dengan otak manusia, maka jelas teknologinya masih sangat jauh. Ini juga berlaku saat kita berpergian ke suatu tempat. Ketika kita berpergian, otak kita sebenarnya telah menyimpan "memori" saat kita melewati suatu tempat bahkan ketika kita tidak menyadarinya. Indra kita terus memberikan informasi kepada otak kita dan segala informasi yang diterima disimpan didalam alam bawah sadar kita sehingga kita tidak menyadarinya.

Saat kita pulang ( terutama masih melewati jalan yang sama ), otak kita seakan memberitahu kita bahwa kita sudah pernah melewati tempat itu dan otak kita tidak akan bekerja lagi untuk menyimpan segala informasi yang didapat karena kita sudah pernah melewati tempat itu. Itulah sebabnya kita seringkali merasa bahwa saat pergi terasa lama dan saat pulang terasa cepat. Semua itu hanyalah mekanisme otak.

Nah, kalau ada pertanyaan tentang sains atau ilmiah populer atau ada tambahan lainnya, silahkan tulis saja di komentar, terima kasih

1 komentar:

Urlnya Lupa mengatakan...

Oh jadi itu alasannya ya.

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Jangan Lupa Kalo Memang Suka Like Aja !!!

×

Powered By CLUSM and Skyzone GC

Tentang CLUSM

Blog CLUSM menyediakan informasi terbaik untuk Anda. Ingin lebih dekat dengan CLUSM? Silahkan kirimkan pesan Anda di Facebook CLUSM.
Designed By Blogger Templates