Rabu, 23 April 2014

5 Cara Memahami Pelajaran


Pelajaran adalah sebuah hal yang wajib ada di dunia pendidikan. Tentu saja semua angkatan pelajar baik dari tingkat Taman Kanak-Kanak sampai Kuliah harus bisa memahami pelajaran agak kelak bisa menjadi orang sukses. Semua orang mempunyai cara-cara mereka tersendiri untuk bisa menjadi yang terbaik dalam memahami pelajaran.

Tetapi demikian, mereka kadang salah arah dan malah bukan membantu mereka memahami melainkan lebih cepat melupakan. Nah, kali saya akan kasih 5 Cara Memahami Pelajaran yang saya harapkan bisa membantu anda.

Tetapi saya sarankan agar menyerahkan semuanya kepada Tuhan Yang Maha Esa dan tetaplah yakin kepada diri sendiri. Jadikan ini hanya sebatas referensi saja. Jangan sepenuhnya ikut-ikutan.

Nah, berikut 5 Cara Memahami Pelajaran

  1. Bersyukur

    Merupakan cara awal untuk memahami pelajaran. Meski terkesan tidak nyambung, tetapi justru ini adalah poin terpenting dalam memahami pelajaran. Kalau anda tidak bersyukur, anda sudah bersugesti kepada diri anda bahwa anda tidak dapat sukses. Meski anda tidak bersugesti secara langsung. Nah, awali hari dengan bersyukur. Maka anda akan dengan mudah memahami pelajaran, dengan cara apapun!
  2. Membuat Daftar Waktu

    Ada yang berkata bahwa kalo kita ingin cepat memahami pelajaran maka harus sering belajar. Tetapi harus kukatakan bahwa hal itu sama sekali tidak benar. Justru kalau kita belajar terus menerus, otak kita akan semakin sulit untuk memahami pelajaran. Nah, bagaimana cara mengantisipasinya ? Buatlah sebuah daftar waktu. Misalnya, kapan anda harus bermain game, menonton tv, kapan anda harus belajar dan memahami pelajaran. Jadikan itu pula sebagai kebiasaan. Maka anda akan semakin mudah dalam memahami pelajaran.
  3. Effective Study Groups ( ESG )
    Mungkin kita sudah sering mendengar istilah kelompok belajar. Tetapi tahukah anda
    Effective Study Groups ? Kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia Effective Study Groups ( disingkat ESG ) adalah Kelompok Belajar Efektif. ESG merupakan inovasi baru yang diciptakan oleh saya dan merupakan cara yang cocok bagi siswa yang mempunyai banyak teman atau memiliki sebuah organisasi. Cara melakukan ESG cukup mudah, hanya dengan berkumpul setiap 2 jam setiap hari. Topik yang dipilih tidak sembarangan. Topik yang dipilih merupakan topik yang harus berkaitan dengan pelajaran yang masih belum dapat dipahami. 

    Kemudian plih lagi salah satu topik dalam pelajaran kemudian dicatat oleh seorang pencatat kronologi. Segala sesuatu yang terjadi saat ESG harus dicatat, itu sebabnya harus agak serius dalam mengerjakan sistem ini. Kemudian, topik yang dipilih dalam pelajaran itu dibahas sampai menemukan jawaban yang tepat. Dengan ini, otak kita dituntut untuk menjadi kreatif berserta cepat tanggap otak, juga dapat meningkatkan hubungan antar teman.
  4. Memiliki Prinsip "Jangan Memaksakan Diri"

    Semakin kita memaksakan diri kita untuk memahami sebuah pelajaran maka semakin sulit juga kita memahaminya. Itulah prinsip yang paling tepat untuk memahami pelajaran. Rilekskan diri anda setiap mau memahami pelajaran. Baik mendengar musik, mensugestikan diri, berbaring, pokoknya apapun yang dapat membuat anda rileks. Otak akan lenih mudah menanggapi ketika tidak bekerja terlalu keras.
  5. History Marker
    Ini tidak berhubungan dengan pelajaran sejarah melainkan ini adalah teknik. Teknik ini mungkin sudah lama ada tetapi masih sedikit yang menerapkannya. Cara melakukan teknik ini cukup mudah, cukup sediakan sebuah catatan kecil di samping anda saat anda sedang berusaha memahami pelajaran. Tulis hal-hal yang anda tidak mampu pahami dan kemudian kumpulkan. Setelah itu, anda bisa mencari informasi tentang kalimat, kata, atau rumus yang anda tulis di catatan tadi. Informasi bisa berasal dari media televisi, radio, internet, buku, atau hal-hal lain yang menyediakan informasi.
Nah, sekian dari 5 Cara Memahami Pelajaran

Semoga bisa membantu anda. Jadikan ini hanya sebatas referensi, tetap yakini apa yang anda yakin dan tetap percaya pada diri sendiri.

Ada pertanyaan atau tambahan ? Tulis saja di komentar... Terima kasih

2 komentar:

Harum MF mengatakan...

bagus juga tipsnya,cocok buat yg lagi bingung memahami pelajaran ya :)

Daniel Lim mengatakan...

sipp bro, makasih kunjungannya

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Jangan Lupa Kalo Memang Suka Like Aja !!!

×

Powered By CLUSM and Skyzone GC

Tentang CLUSM

Blog CLUSM menyediakan informasi terbaik untuk Anda. Ingin lebih dekat dengan CLUSM? Silahkan kirimkan pesan Anda di Facebook CLUSM.
Designed By Blogger Templates