Selasa, 26 November 2013

5 Cara Ampuh Lulus UN


Tak terasa ternyata bentar lagi ada UN ( Ujian Nasional ) kembali. Dan tentu saja ada kabar baik dan kabar buruk. Kabar baiknya, bentar lagi libur. Kabar buruknya, habis libur ujian Try Out dan UN. Itu mungkin gak masalah bagi angkatan smp 1, smp 2, sma 1, dan sma 2 karena mereka tidak menghadapi UN. Sementara itu, angkatan smp 3 dan sma 3 seperti saya, akan mengalami masa 3 hari paling menyiksa dengan 2 kemungkinan, LULUS atau TIDAK LULUS.

Nah, kali ini saya akan membahas 5 Cara Ampuh Lulus UN yang tentunya tidak akan mainstream dan not including "Nyontek".. Di post ini, saya akan memberikan strategi terbaik agar bisa lulus UN. Post ini juga diberikan agar semua siswa yang mengikuti UN di Indonesia, LULUS SEMUA!!! AMIN!!!!


  1. Belajar dan Berdoa (2B)

    Bukan hanya pensil 2B saja yang harus anda persiapkan, melainkan harus ada 2B lain. Apakah itu ? Belajar dan Berdoa. Ingat, belajar tidak akan efektif tanpa berdoa demikian sebaliknya. Nah, supaya anda bisa lulus UN, jangan lupa menerapakan prinsip 2B, jangan hanya pensil 2B. Ingat, jangan kira bisa lulus UN tanpa Belajar dan Berdoa.
  2. Menerapkan Strategi JaTengDul (Jawab yang Enteng Dulu)

    Ini adalah salah satu startegi yang ampuh untuk lulus ujian UN. Ketika kita menghadapi UN, kita akan diperhadapkan kepada 40-50 soal UN. Tetapi demikian, ada beberapa soal yang sulit ( terutama Matematika ). Nah, agar bisa mengakali hal ini, kerjakan dulu soal yang bagi anda enteng lalu kemudian manfaatkan waktu yang tersisa untuk mengerjakan dan memikirkan soal yang bagi anda sulit. Hal ini sering saya lakukan untuk pelajaran Matematika. Cara ini terlalu mainstream.
  3. CSBE (Comprehension Strategies Before Exam)

    Sebuah langkah strategi yang tepat bagi anda yang sukar belajar. Sudah belajar kah ? Tapi gak masuk otak ? Nah, ini caranya. Pertama, belilah buku soal UN yang membahas soal UN tahun-tahun lalu. Kedua, kerjakanlah soal itu. Ketiga, resapilah dan jangan lupa terapkan cara JaTengDul sebagai latihan. Keempat, pastikan anda sudah berdoa terlebih dahulu. Kelima, ajaklah teman anda untuk melakukan strategi ini dengan melakukan kerja kelompok atau belajar bersama ( kalau bisa selenggarakan Belajar Bersama Massal ). Nah, diskusikan soal yang sulit dengan teman anda dan ingat, cara ini ampuh sebelum Ujian Nasional berlangsung buak saat Ujian Nasional berlangsung.
  4. Race Thinking (RT)

    Cara ini ampuh bila anda punya teman yang mampu diajak bersaing dalam hal ilmu pengetahuan. Stretegi ini menggabungkan antara pikiran dengan kemampuan untuk bersaing. Bagaimana untuk menjalankan strategi ini ? Pertama, belilah buku soal ( teman anda juga ). Kedua, ajak dia beradu kepintaran dengan cara mengerjakan buku soal UN. Ketiga, yang paling cepat siap atau yang paling cepat mencapai mencapai batas yang ditentukan akan menang. Cara ini juga melatih mental dan membuat pikiran menjadi banyak ide. Ingat, cara ini sebenarnya tidak memerlukan buku soal karena cara ini juga bisa diterapkan dengan adu kepintaran dengan lisan.
  5. Individual Understanding Strategy (IUS)

    Bila anda suka dengan pemahaman individu, inilah cara yang paling ampuh untuk anda terapkan karena ini tidak membutuhkan orang lain karena ini mengacu pada diri anda sendiri. Cara ini tidak cocok untuk orang malas (semua cara juga). IUS adalah suatu cara yang menuntut kemampuan individu untuk memikirkan cara lain agar bisa mencapai tujuan yang dikehendaki. Saya akan berikan pemahamannya step by step. Di cara ini, anda dituntut untuk berpikir merumuskan cara lain. Dengan kata lain, cara ini memotivasi orang lain untuk membuat cara lain. Dengan IUS, anda akan membuat banyak strategi untuk menembus Ujian Nasional. Nah, saya berikan contoh yang telah kembangkan dengan IUS. Pertama, saya mengerjakan 2B. Kedua, dengan JaTengDul. Ketiga, dengan CSBE. Keempat, dengan RT. Kelima, mengerjakan soal dari belakang terlebih dahulu agar kiita merasa soalnya semakin sedikit ( teknik psikologi ). Keenam, dengan belajar kelompok. Ketujuh, mencari ilmu di internet, dan masih banyak lagi cara yang saya kembangkan dengan IUS. Semoga anda juga bisa.
Sekian dari 5 Cara Ampuh Lulus UN yang tentunya persentase keberhasilan tergantung pada Anda masing-masing. Cara ini ditujukan dengan tujuan agar semua siswa di Indonesia LULUS Ujian Nasional. Saya berharap bagi yang membaca artikel ini akan menyebarkannya dan berbagi ilmu ini. Ingat, berbagi adalah sebuah kebaikan karena dengan berbagi, anda bisa menyelamatkan pelajar Indonesia. Bagi anda yang mempunyai cara lain, jangan lupa tulis di komentar ya.

4 komentar:

Gabriel Exaudi mengatakan...

haha mantab

Daniel Lim mengatakan...

thanks bro

zies for you mengatakan...

gapapa. asal jangan curang aja mass

Senyum mengatakan...

waw. info ini buat yg semangat belajar... mantaaapp

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Jangan Lupa Kalo Memang Suka Like Aja !!!

×

Powered By CLUSM and Skyzone GC

Tentang CLUSM

Blog CLUSM menyediakan informasi terbaik untuk Anda. Ingin lebih dekat dengan CLUSM? Silahkan kirimkan pesan Anda di Facebook CLUSM.
Designed By Blogger Templates