Sabtu, 31 Januari 2015

5 Tanda Peringatan Bahwa Anda Memilih Komunitas yang Salah

Komunitas adalah sebuah kelompok yang memiliki satu tujuan yang sama, minat yang sama, keterkaitan yang sama, tertarik pada suatu hal yang sama, dan memiliki harapan yang sama. Komunitas juga merupakan hal yang cukup vital dalam kehidupan mengingat manusia yang menyandang status sebagai "makhluk sosial". Itu sebabnya manusia membutuhkan sebuah komunitas.

Tetapi kadangkala sebuah komunitas membawa "bencana" bagi para anggotanya dan menyebabkan kesesatan pada anggota yang bergabung pada komunitas tersebut. Bisa dikatakan bahwa komunitas tersebut adalah salah dan tak layak untuk diikuti. Tapi satu yang paling berbahaya, salah atau tidaknya sebuah komunitas tidak bisa dilihat dengan mata tetapi melalui peringatan dan berikut adalah 5 Tanda Peringatan Bahwa Anda Memilih Komunitas yang Salah :


  1. Peringatan Pertama : Anda Mulai Mengabaikan Sesama
    Ketika fanatisme menyerang, maka anda mulai mengabaikan orang di sekitar anda. Sebuah komunitas yang membuat anda mengabaikan sesama anda (baik sesama anggota komunitas maupun dari komunitas lainnya) adalah komunitas yang salah dan tak layak untuk diikuti. Anda adalah makhluk sosial bukan makhluk yang menjadi "raja" diatas diri sendiri. Bila anda merasa bahwa anda mulai mengabaikan orang di sekitar anda, maka itulah peringatan pertama anda. Cek kembali komunitas yang anda ikuti selama ini.
  2. Peringatan Kedua : Anda Mulai Memusuhi Komunitas Lain

    Sebuah komunitas yang baik harusnya memiliki hubungan yang baik pula terhadap komunitas lainnya. Bila komunitas yang anda ikuti ternyata menuntut untuk memusuhi komunitas lainnya (entah itu karena perbedaan paham, rasa, minat, dan lain sebagainya) maka komunitas tersebut sudah bisa dijauhi. Anda sebagai anggota sebuah komunitas juga membutuhkan komunitas lainnya bukan malah memusuhi komunitas tersebut. Bila anda memusuhi sebuah komunitas karena komunitas yang anda ikuti maka ini adalah peringatan kedua.
  3. Peringatan Ketiga : Anda Rela Melakukan Apapun Demi Komunitas

    Tuhan mengaruniakan otak sebagai alat untuk berpikir, bahkan lebih hebat dan lebih canggih daripada sistem komputer paling mutakhir sekalipun. Karena itulah, anda harus bisa berpikir logis ketika memenuhi tuntutan komunitas. Bila sebuah komunitas malah membuat anda melakukan segala sesuatu demi komunitas itu, komunitas tersebut telah menyesatkan anda. Komunitas yang baik selalu memberikan tujuan yang bisa dicapai secara logis dan menguntungkan sesama bukan malah merugikan orang lain. Ini adalah peringatan ketiga apabila anda sudah "bisa" melakukan segala sesuatu demi komunitas.
  4. Peringatan Keempat : Anda Mulai Merugikan Orang Lain Demi Komunitas

    Komunitas memiliki tujuan yang sama, terlepas dari apakah itu merugikan orang lain atau tidak, para anggota sebuah komunitas pasti dituntut untuk memiliki tujuan yang sama. Apakah komunitas anda membuat anda merugikan orang lain? Apakah anda bingung untuk menjawabnya? Sebuah contoh, seorang siswa melakukan perkelahian dengan seseorang dari komunitas lain demi komunitas nya, maka itu sudah dianggap merugikan orang lain dan komunitas yang diikuti olehnya sudah bisa dicap sebagai komunitas yang salah. Apabila komunitas anda membuat anda merugikan orang lain, mulailah menjauhi komunitas seperti itu karena anda baru saja mendapat peringatan keempat.
  5. Peringatan Kelima : Anda Menghilangkan Nyawa Demi Komunitas

    Inilah peringatan terakhir bagi anda apabila anda rela menghilangkan nyawa demi komunitas yang anda ikuti. Komunitas yang baik menghargai hak manusia untuk memiliki kesempatan hidup bukan malah menghilangkan nyawa. Bila anda mulai mencoba menghilangkan nyawa (dalam hal ini, nyawa diri sendiri atau orang lain) demi komunitas, maka anda harus bahkan wajib meninggalkan komunitas tersebut. Sebuah komunitas adalah tempat untuk berkembang, bukan tempat untuk menghilangkan nyawa diri sendiri maupun orang lain.
Anda memang harus untuk mempunyai komunitas tetapi bukan komunitas yang menyesatkan anda. Anda memiliki hal untuk memilih komunitas yang baik bagi anda dan orang lain. Mulailah menjalin hubungan dengan sebuah komunitas yang anda minati tetapi tetap perhatikan peringatan-peringatan yang tertulis diatas. Karena jalan kehidupan anda adalah anda sendiri yang menentukan.

Anda gamers dan sedang membutuhkan komunitas yang baik tentang game? Bergabunglah bersama kami di Skyzone GC.

Tidak ada komentar:

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Jangan Lupa Kalo Memang Suka Like Aja !!!

×

Powered By CLUSM and Skyzone GC

Tentang CLUSM

Blog CLUSM menyediakan informasi terbaik untuk Anda. Ingin lebih dekat dengan CLUSM? Silahkan kirimkan pesan Anda di Facebook CLUSM.
Designed By Blogger Templates