Minggu, 24 Agustus 2014

7 Strategi Promosi Untuk Pengusaha Online Shop

Fenomena Online Shop merupakan hal yang tidak dapat diabaikan dalam dunia bisnis. Hampir setiap anak muda di Indonesia mulai terjangkit "virus" Online Shop. Ada yang berstatuskan sebagai pengusaha, dropshipper, agen, bahkan hanya sebagai pembeli. Barang yang ditawarkan juga bermacam-macam, ada kosmetik, pakaian, aksesoris, obat-obatan, herbal, gadget, bahkan makanan juga ikut dijual via online.

Nah, apakah anda pengusaha Online Shop ? Kalau iya, maka saya menyajikan 7 Strategi Promosi Untuk Pengusaha Online Shop yang saya harapkan bisa membantu aktivitas anda dalam berjualan barang-barang anda. Berikut 7 Strategi Promosi Untuk Pengusaha Online Shop :


  1. Iklan

    Tidak dapat dipungkiri bahwa iklan adalah media promosi terbaik di dunia. Bagaimana tidak ? Usaha anda akan dilihat oleh banyak orang, apalagi bila iklannya dipasang di tempat yang ramai. Anda bisa memasang iklan di tempat yang menurut anda efektif. Misalnya iklan billboard di jalan raya, baliho, iklan banner di blog/website, iklan di PPC, dan masih banyak lagi. Tapi itu tergantung isi dompet anda, semakin mahal harga iklan maka semakin banyak pula orang yang akan mengenal Online Shop anda.
  2. Blog

    Blog awalnya merupakan diari online para anak muda generasi online. Tetapi lama kelamaan blog menjadi sarang bisnis dan sarana berbagi ide di internet. Anda bisa membuat sebuah blog sebagai sarana untuk mempromosikan Online Shop anda. Untuk membuat blog sekarang sudah sangat mudah, ada banyak platform yang menyediakan layanan untuk membuat blog seperti blogger.com, wordpress.com, mywapblog.com, tumblr.com, dan lain sebagainya. Anda juga dapat menampilkan produk-produk anda dan tulisan pribadi anda ke dalam blog.
  3. Brosur atau Selebaran

    Anda bisa mencetak iklan usaha anda dalam bentuk brosur atau selebaran. Kemudian brosur atau selebaran tersebut dibagi di tempat yang ramai seperti mall, restoran, atau tempat publik lainnya. Lagipula untuk mencetak sebuah brosur atau selebaran hanya membutuhkan sedikit biaya sehingga cara ini bisa anda coba. Telah banyak yang sukses dengan cara ini, apakah anda selanjutnya ?
  4. Social Media

    Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu penyebab Online Shop muncul adalah munculnya fenomena jejaring sosial bermunculan seperti Facebook, Twitter, Reddit, Tumblr, BBM, dan lain sebagainya. Bila Online Shop anda berasal dari sebuah jejaring sosial maka segera lakukan ekspansi! Misalnya, Online Shop anda muncul dari Facebook, segera ekspansi ke Twitter, BBM, dan jejaring sosial yang lain! Itu akan membuat pasar anda menjadi semakin luas. Bersiapkah anda untuk kena "Social Media Effect" ?
  5. Tokopedia, OLX, dan Berniaga

    Selain social media, ini yang perlu anda coba. Anda bisa membuka toko secara gratis di Tokopedia, memasang iklan secara gratis di OLX dan Berniaga. Caranya pun mudah, hanya tinggal ngeklik-klik. Kesempatan berharga nih buat anda! Sudah gratis, mudah lagi. Pasar anda juga akan semakin luas dan semakin berkembang. Oke ?
  6. Website

    Bila Online Shop anda muncul dari social media, maka menbuat website adalah cara yang harus anda coba. Bila anda mempunyai kemampuan untuk membuat website maka buatkanlah segera. Bila tidak, anda bisa menyewa seorang ahli untuk membuat website. Mudah, bukan ? Persiapkan Online Shop anda layaknya toko beneran di website anda. Setelah anda memasukkan info produk anda, anda hanya tinggal mempromosikan website anda dan menunggu pelanggan.
  7. Berdoa

    Dan inilah cara paling ampuh, yakni berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Ada pepatah, "Mulailah segala sesuatu dengan doa". Yakinlah bahwa usaha anda akan diberkati dan dilimpahkan berkah oleh-Nya. Sisanya adalah berusaha. Oke ?
Sekian 7 Strategi Promosi Untuk Pengusaha Online Shop yang saya harapkan bisa membantu anda selaku pengusaha Online Shop. Jangan takut gagal menjadi pengusaha karena gagal bagaikan buku pelajaran bagi pengusaha. Oke, kalau ada tambahan berupa hal yang perlu dikoreksi, ditambahkan, atau hanya sebatas basa-basi, jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar, terima kasih!

1 komentar:

CRONOSAL mengatakan...

Mantaf :v
Kebetulan ane juga lagi bikin web shop :D

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Jangan Lupa Kalo Memang Suka Like Aja !!!

×

Powered By CLUSM and Skyzone GC

Tentang CLUSM

Blog CLUSM menyediakan informasi terbaik untuk Anda. Ingin lebih dekat dengan CLUSM? Silahkan kirimkan pesan Anda di Facebook CLUSM.
Designed By Blogger Templates