Jumat, 07 Agustus 2015

Cara Mudah Memahami Pelajaran di Sekolah

cara memahami pelajaran di sekolah, cara memahami pelajaran, memahami pelajaran sekolah, teknik belajar yang efektif
Sebenarnya saya sudah pernah membahas artikel serupa dalam artikel sebelumnya yang bisa Anda akses disini. Nah, dalam artikel kali ini saya akan memberikan beberapa revisi terhadap artikel sebelumnya itu.

Topiknya tetap sama yakni topik yang berupa cara mudah untuk memahami pelajaran di sekolah.

Saya menyadari bahwa beberapa orang di dunia maya hendak mencari beberapa cara belajar yang efektif dan efisien maupun cara belajar yang baik. Namun perlu saya ingatkan bahwa dasar dari pembelajaran yang efektif ialah bagaimana seorang siswa memahami sebuah pelajaran di sekolah.

Dalam artikel kali ini, topik yang akan saya berikan juga tidak terlalu jauh dari kata kunci "cara belajar yang efektif" dan "cara belajar efektif dan efisien".

Sebelum melanjutkan, saya hendak melontarkan sebuah pertanyaan, "Sebenarnya, seberapa sulit memahami pelajaran di sekolah?" Jawaban dari pertanyaan ini mungkin akan bervariasi. Bagi mereka yang "pintar", memahami pelajaran sekolah itu mungkin mudah, namun bagi mereka yang "malas", mereka akan menjawabnya dengan jawaban "sulit untuk memahami pelajaran sekolah". Apakah jawaban Anda?

Sebenarnya memahami pelajaran sekolah memang tidak sulit, namun beberapa guru "salah" dalam membuat paham muridnya akan "pemahaman terhadap pelajaran" sehingga beberapa murid yang "gagal nangkap" menjadi beranggapan bahwa memahami pelajaran di sekolah itu sulit yang akhirnya juga berdampak pada prestasi siswa tersebut.

Nah, inilah Cara Mudah Memahami Pelajaran di Sekolah.
  1. Pertama, usahakan Anda belajar tanpa paksaan.

    Tekanan dan paksaan dari publik akan menghambat otak Anda untuk bisa memahami sebuah pelajaran. Usahakan otak Anda rileks dan tenang. Semakin Anda memaksa otak Anda untuk memahami sebuah pelajaran maka akan membuat Anda susah paham pula. Jalankan saja dan fokus namun jangan terlalu memaksa.
  2. Kedua, bertanyalah kepada guru jika Anda tak paham sesuatu.

    "Malu bertanya, sesat di jalan" mungkin merupakan pepatah yang masih berlaku hingga kini. Malu bertanya hanya akan membuat kita menjadi seseorang yang egois dan hanya mengandalkan diri sendiri. Jika Anda kesusahan dalam mengerti sesuatu hal, tanyalah! Jangan malu terhadap orang di sekitar Anda. Jika orang di sekitar Anda mencemooh Anda karena menanyakan sesuatu maka itu artinya Anda lebih hebat daripada orang yang mencemooh Anda. Tanya dan terus tanya jika Anda tidak paham akan suatu hal. Bukankah guru ada untuk mencerdaskan kehidupan bangsa?
  3. Ketiga, mencatat sesuatu yang mungkin susah untuk diingat.

    Otak manusia itu aneh. Jika dipaksa paham, maka makin susah untuk paham. Demikian juga dalam hal ingat-mengingat. Tahukah Anda bahwa ketika kita mencatat sesuatu yang kita anggap susah untuk diingat malah yang terjadi ialah hal yang dicatat itu semakin mudah bagi kita diingat. Itu adalah mekanisme otak yang aneh. Jadi, catatlah sesuatu yang bagi Anda susah diingat atau dipahami maka kemungkinan besar otak Anda akan terus mengingat hal tersebut.
  4. Keempat, sering berbicara di depan kelas.

    Seringlah membuat karya presentasi dan mempresentasikannya di depan kelas. Jangan takut salah atau membuat kesalahan. Membuat kesalahan itu wajar. Semua manusia juga gak sempurna kok. Semakin sering Anda membuat kesalahan maka Anda akan sering juga mendapat koreksi. Lama kelamaan Anda akan menjadi sangat paham akan suatu hal. Percayalah, ini berhasil bagi saya.
  5. Kelima, bersosialisasi.

    Kadang orang lain lebih tahu daripada kita. Itulah sebabnya kita harus sering bersosialisasi. Kalau bisa, Anda harus sering bergabung dengan orang-orang "pintar" di kelas Anda agar bisa mendapat pemahaman baru. Kadang bergabung dengan orang pintar bisa membuat Anda pintar hehe....
  6. Keenam, jangan overdosis dalam belajar.

    Belajarlah sesuai dengan waktunya. Ada kalanya Anda harus mencari hobi dan melakukannya agar otak Anda bisa menjadi rileks.
  7. Ketujuh, cintailah pelajaran di sekolah.

    Kalau benci, sampai kapan bisa dipahami? Orang yang kita benci pasti gak bisa kita pahami, bukan? Demikian juga pelajaran sekolah, semakin kita benci maka semakin sulit juga kita akan bisa memahaminya. Mencintai itu mudah, kok.
Itulah  Cara Mudah Memahami Pelajaran di Sekolah yang bisa saya bagikan untuk hari ini. Semoga dengan artikel ini, Anda bisa semakin memahami pelajaran di sekolah.
Sesuatu yang dibenci pastilah tak akan bisa dipahami
Bila ada tambahan, silahkan tambahkan di komentar ya, terima kasih.

Sumber gambar : free-stock-illustration.com

Tidak ada komentar:

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Jangan Lupa Kalo Memang Suka Like Aja !!!

×

Powered By CLUSM and Skyzone GC

Tentang CLUSM

Blog CLUSM menyediakan informasi terbaik untuk Anda. Ingin lebih dekat dengan CLUSM? Silahkan kirimkan pesan Anda di Facebook CLUSM.
Designed By Blogger Templates