Sabtu, 20 Oktober 2012

Biografi : Cao Cao

Cao Cao
Cao Cao adalah salah satu penguasa Cina yang terkenal di zaman Tiga Negara. Karena Cao Cao ini merupakan orang yang berpengaruh banget sama Sejarah Cina, kita akan membahasnya. Berikut dilansir dari Wikipedia :

Cao Cao
Caocao.jpg
Raja Wei
Lahir155
BozhouAnhuiCina
Wafat15 Maret 220 (diusia 64-65)
LuoyangHenanCina
PenerusCao Pi
Nama
Hanzi sederhana曹操
Hanzi tradisional曹操
PinyinCáo Cāo
Wade-GilesTs'ao² Ts'ao¹
Nama kehormatanMèngdé (孟德)
Nama anumertaWu (武)
Nama kuilWudi (武帝)
Taizu (太祖)
Nama lain
Nama Kecil
  • A-Man (阿瞞)
  • Ji-Li (吉利)

Cao Cao (Hanzi: 曹操)(155-220) merupakan seorang tokoh Zaman Tiga Negara yang terkenal. Ia dikenal sebagai pemikir ulung, ahli strategi dan juga ahli perang. Ia bernama lengkap Cao Mengde, juga dipanggil sebagai Cao A Man yang merupakan nama kecilnya. Cao Cao dikenal di kalanganTionghoa Indonesia sebagai Tsao-tsaoTso-tso atau Cho Cho.

[sunting]Biografi

Ia lahir di kota Qiao (sekarang di HaozhouAnhui). Kitab sejarah Catatan Sejarah Tiga Negara mencatat bahwa salah satu leluhurnya, Cao Canadalah seorang pejabat kekaisaran di awal Dinasti Han.

[sunting]Karier politik

Karier politiknya dimulai dengan ikut memadamkan Pemberontakan Serban Kuning yang mengancam legitimasi Dinasti Han di masa-masa akhir dinasti tersebut. Setelah berhasil memadamkan pemberontakan tersebut, ia diberikan jabatan dan kemudian mengambil kesempatan tersebut untuk menguasai Prefektur Qingzhou. Ia kemudian memperkuat diri sendiri dengan membujuk bekas anggota pemberontak Serban Kuning untuk bergabung di dalam tentara pribadinya.
Tahun 196, ia menerima dan memberikan perlindungan kepada Kaisar Han Xiandi yang pada saat itu mendapat ancaman. Namun kemudian malah menyandera kaisar dan meminjam kesempatan ini untuk menaklukkan beberapa jenderal perang di sekitar wilayah Xuchang yang merupakan pusat kekuatannya.
Kemenangan terbesarnya adalah Pertempuran Guandu menaklukkan Yuan Shao yang pada saat itu merupakan jenderal perang terbesar di wilayah utara Tiongkok. Setelah penaklukan itu, ia resmi menjadi perdana menteri dan berhasil mempersatukan Tiongkok utara. Semenjak itu dia menjadi orang yang paling ditakutkan dalam sejarah cina.
Setelah menggapai kedudukan sebagai perdana menteri, Cao Cao kemudian menyusun kekuatan untuk invasi ke Tiongkok selatan yang waktu itu dikuasai oleh Liu Bei dan Sun QuanPertempuran Chibi adalah pertempuran di antara Cao Cao melawan aliansi Liu Bei dan Sun Quan. Cao Cao kalah telak dalam peperangan terkenal sepanjang sejarah Tiongkok ini.
Ia memaklumatkan diri sebagai Raja Wei. Kemudian, Cao Cao terkena sakit kepala yang parah dan meninggal. Sepeninggalnya, anaknya Cao Pikemudian memaklumatkan diri sebagai Kaisar Wei dan sekaligus berdirinya negara Cao Wei. Selanjutnya, Cao Cao diangkat statusnya menjadi Kaisar Wei Wudi.
Photo Gallery :
Cao Cao ( RTK XII )

Cao Cao ( DW6 )

2 komentar:

Informasi Dunia Samaran mengatakan...

artikel yang bagus sekali sob, aku suka

biografiart mengatakan...

mantap om..salam knal dari saya ya

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Jangan Lupa Kalo Memang Suka Like Aja !!!

×

Powered By CLUSM and Skyzone GC

Tentang CLUSM

Blog CLUSM menyediakan informasi terbaik untuk Anda. Ingin lebih dekat dengan CLUSM? Silahkan kirimkan pesan Anda di Facebook CLUSM.
Designed By Blogger Templates